Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulSTUDI KARAKTERISTIK ANTRIAN KENDARAAN PADA PERSIMPANGAN BERSINYAL MENGGUNAKAN METODE ANTRIAN (STUDI KASUS: PERSIMPANGAN JL. SUKARNO HATTA – JL. UNTAD 1 KOTA PALU)
Nama: MENOF RIFANDI HUTAJULU
Tahun: 2021
Abstrak
Karakteristik antrian kendaraan di persimpangan bersinyal sangatlah ditentukan oleh pengaturan waktu sinyal seperti panjang waktu merah, panjang waktu hijau dan waktu siklusnya. Untuk kebutuhan pengendalian persimpangan bersinyal telah banyak metode yang digunakan dalam mempelajari karakteristik antrian di persimpangan bersinyal dimana salah satunya adalah teori antrian (queieng theory). Tujuan penlitian ini Untuk Mengetahui karakteristik antrian, yaitu panjang antrian maksimum pada persimpangan bersinyal Jl. Soekarno Hatta – Jl. Untad I Kota Palu menggunakan teori antrian (queieng theory) dan Membandingkannya dengan perhitungan MKJI 1997 Penelitian ini menggunakan metode teori antrian (queieng theory) utnuk mengetahui panjang antrian maksimum dipersimpangan Jl. Sukarno Hatta – Jl. Untad 1. Dilakukan survey pendahuluan untuk mengetahui kondsisi geomotrik, fase pergerakan, waktu siklus dan melakukan pengambilan sampel minimum untuk mengetahui kebutuhan data tingkat keberangkatan di Jl. Sukarno hatta – J. Untad 1 dgn uji kecukupan data. Didapatkan data tingkat keberangkatan yaitu 67 siklus . Setelah data didapatkan maka dilakukanlah pencacahan data dilapangan oleh surveyor untuk data tingkat kedatangan dan keberangkatan. Lalu dilakukan uji normalitas data menggunakan SPSS dgn siginifikasi >0,05. Lalu diliakukan analisis menggunakan model antrian D/D/1 untuk mengetajui antrian maksium dan tundaan kendaraan dan dibandingkan dgn metode MKJI 1997 menggunakan analisis uji ‘t’ berpasangan dengan tingkat kepercayaan 95%. Hasil penelitian ini menunjukkan nilai antrian kendaraan dan tundaan rata – rata kendaraan pada persimpangan bersinyal Jl. Sukarno Hatta- Jl. Untad 1 niainnya bervariasi Dan anisis uji t berpasangan menunjukan untuk antrian kendaaraan maksimum terdapat perbedaan signifikan dan untuk tundaan kendaraan tidak ada perbedaan signifikan antara teori antrian dan MKJI 1997. Kata kunci : Teori antrian , MKJI 1997, Waktu Siklus, Pengaturan Fase

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up