JudulPENINGKATAN KINERJA SIMPANG TAK BERSINYAL PADA JALAN DEWI SARTIKA - JALAN KARAJALEMBAH DI KOTA PALU |
Nama: SUSANTO CHANDRA |
Tahun: 2021 |
Abstrak PENINGKATAN KINERJA SIMPANG TAK BERSINYAL Jalan Dewi Sartika – Jalan Karajalemba Susanto Chandra, Taslim Bahar ABSTRAK Manajemen lalu lintas yang kurang tepat dapat mengganggu kelancaran sistem lalu lintas secara keseluruhan seperti bertumpuknya kendaraan pada satu atau beberapa ruas jalan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui permasalahan yang terjadi pada persimpangan dan memberikan solusi penanganan permasalahan. Survey dilakukan selama 2 hari pada hari selasa tanggal 14 Januari 2019 dan hari sabtu tanggal 19 Januari 2019. Pengambilan data dilakukan pada jam pagi (06:00-09:00) WITA, siang (11:00-14:00) WITA, dan sore (16:00-19:00) WITA. Analisis kinerja simpang tak bersinyal berdasarkan Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI)1997. Dari hasil penelitian pada kondisi eksisting diperoleh DS untuk simpang Jl. Dewi Sartika – Jl. Karajalemba, DS = 0,64, Untuk tundaan rata – rata pada simpang = 10,89 (LOS B), dan dilakukan predikisi 5 tahun ke depan dengan kondisi pada simpang Jl. Dewi Sartika – Jl. Karajalemba, DS = 0,81,untuk tundaan rata – rata pada simpang = 13,16 (LOS B), maka seiring dengan pengembangan Jaringan Jalan terusan Jl. Dewi Sartika menuju Terminal Tambuli, diperlukan penanganan penambahan 1 lengan jalan Diperoleh Derajat Kejenuhan (DS) pada simpang Jl. Dewi Sartika – Jl. Karajalemba – Jl. Rencana DS = 0,67,Untuk Tundaan Rata – rata pada simpang Jl. Dewi Sartika – Jl. Karajalemba – Jl. Rencana = 11,35 (LOS B). Kata kunci : Tingkat Pelayanan, Derajat Kejenuhan, kinerja simpang. IMPROVING INTERMEDIATE INTERVIEW PERFORMANCE Jalan Dewi Sartika - Jalan Karajalemba Susanto Chandra, Taslim Bahar ABSTRACT Inappropriate traffic management can disrupt the smooth running of the traffic system as a whole, such as accumulating vehicles on one or several roads. The purpose of this research is to find out the problems that occur at the intersection and provide solutions to solve problems. The survey was conducted for 2 days on Tuesday, January 14, 2019 and Saturday, Januari 19, 2018. Data was collected at morning (06: 00-09: 00) WITA, noon (11: 00-14: 00) WITA, and afternoon (16: 00-19: 00) WITA. Analysis of the performance of unsigned intersections based on the Indonesian Road Capacity Manual (MKJI) 1997. From the results of the research on the existing conditions, the DS for the intersection of Jl. Dewi Sartika - Jl. Karajalemba, DS = 0.64, for the average delay at the intersection = 10.89 (LOS B), and predictions for the next 5 years with conditions at the intersection of Jl. Dewi Sartika - Jl. Karajalemba, DS = 0.81, for the average delay at the intersection = 13.16 (LOS B),then along with development of the Jl. Dewi Sartika canal network headed for Tambuli Station, It is necessary to handle the addition of 1 arm of the road. Obtained Degree of Saturation (DS) at the intersection of Jl. Dewi Sartika - Jl. Karajalemba - Jl. Rencana = 0.67, for average delay at the intersection of Jl. Dewi Sartika - Jl. Karajalemba - Jl. Rencana = 11.35 (LOS B). Keywords: Service Level, Degree of Saturation, intersection performance. |