Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPengaruh Parkir Di Badan Jalan Pada Kinerja Ruas Jalan Imam Bonjol Kota Palu
Nama: Nita Ayu Lestari
Tahun: 2019
Abstrak
Kemacetan lalu lintas yang diakibatkan oleh banyaknya kendaraan yang melakukan parkir pada badan jalan selalu menjadi masalah pada jalan perkotaan. Kurangnya fasilitas parkir di luar badan jalan, dan banyaknya bangkitan akibat fasilitas publik seperti bank, rumah makan, apotek, toko, dan puskesmas, akan memberikan dampak kepada kemacetan lalu lintas pada ruas jalan Imam Bonjol. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui besarnya pengaruh yang diakibatkan parkir di badan jalan pada kinerja ruas jalan imam bonjol. Data yang diperlukan meliputi, pengumpulan data yang diperoleh dari hasil survei lapangan yaitu data geometrik jalan, volume lalu lintas, hambatan samping jalan, data parkir di badan jalan dan data kecepatan. Penelitian ini dilakukan dalam jangka waktu 2 hari yaitu hari senin mewakili hari kerja dan hari sabtu mewakili hari libur. Metode survei parkir menggunakan metode survei plat kendaraan dan analisa data menggunakan metode perhitungan MKJI 1997. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa parkir di badan jalan sangat berpengaruh terhadap kinerja ruas jalan Imam Bonjol. Jumlah volume lalu lintas puncak terjadi di hari Sabtu pukul 20.00 - 21.00 WITA yaitu sebanyak 3034 kendaraan/jam. Nilai hambatan samping yang diperoleh sebesar 560,7 gangguan/jam dengan kondisi tipikal tinggi yaitu daerah komersial, aktifitas pinggir jalan tinggi, sehingga nilai kapasitas turun dari sebesar 4576 smp/jam sebelum adanya parkir, menjadi 2533 smp/jam setelah adanya aktifitas parkir pada badan jalan. Nilai kecepatan rata-rata kendaraan ringan pada hari Sabtu untuk arah barat ke timur yaitu 24,42 km/jam, sedangkan untuk arah timur ke barat 23,94 km/jam. Pada tahun 2018 diperoleh nilai DS = 0,68 dengan tingkat pelayanan C, yang menunjukkan karakteristik arus stabil, tetapi kecepatan dan gerak kendaraan dikendalikan, pengemudi dibatasi dalam memilih kecepatan. Sedangkan pada tahun 2023 penurunan kinerja meningkat menjadi DS = 1,23 dengan tingkat pelayanan F, karakteristik arus yang dipaksakan atau macet, kecepatan rendah volume di bawah kapasitas, antrian panjang, dan terjadi hambatan-hambatan yang besar. Kata Kunci : Parkir, Kinerja Ruas Jalan, MKJI 1997

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up