Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulKEBUTUHAN RUANG PARKIR AREAL LOKASI FAKULTAS TEKNIK
Nama: ARIS WIBOWO
Tahun: 2020
Abstrak
ABSTRAK Meningkatnya jumlah mahasiswa baru dan pengguna kendaraan roda dua maupun roda empat di Fakultas Teknik, mengakibatkan kebutuhan ruang parkir juga akan meningkat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kebutuhan ruang parkir areal lokasi Fakultas Teknik, nilai akumulasi maksimum kendaraan roda dua dan empat yang masuk ke Fakultas Teknik dan merencanakan fasilitas parkir yang efektif dan efisien. Dengan menggunakan Metode Akumulasi Maksimum berdasarkan selisih terbesar antara kendaraan yang masuk dan keluar. Pengambilan data dilakukan dengan mencatat plat nomor kendaraan roda dua dan empat yang masuk dan keluar, Lama penelitian dua hari yaitu hari Senin dan Jumat pada tanggal 25 dan 28 November 2019 mulai pukul 08:00 – 17:00 WITA. Berdasarkan penelitian diperoleh kesimpulan bahwa Areal parkir Jurusan Elektro memiliki SRP untuk sepeda motor yang tersedia 76 SRP dan akumulasi parkirnya 71 SRP, sedangkan untuk Mobil yang tersedia 10 SRP dan akumulasi parkirnya 10 SRP, Jurusan Mesin memiliki SRP untuk sepeda motor yang tersedia 399 SRP dan akumulasi parkirnya 211 SRP, sedangkan untuk Mobil yang tersedia 14 SRP dan akumulasi parkirnya 14 SRP, Jurusan Sipil memiliki SRP untuk sepeda motor yang tersedia 543 SRP dan akumulasi parkirnya 250 SRP, sedangkan untuk Mobil yang tersedia 40 SRP dan akumulasi parkirnya 18 SRP, Dekanat memiliki SRP untuk sepeda motor yang tersedia 142 SRP dan akumulasi parkirnya 89 SRP, sedangkan untuk Mobil yang tersedia 16 SRP dan akumulasi parkirnya 15 SRP dan Jurusan Arsitektur memiliki SRP untuk sepeda motor yang tersedia 165 SRP dan akumulasi parkirnya 126 SRP, sedangkan untuk Mobil yang tersedia 14 SRP dan akumulasi parkirnya 16 SRP. Kata Kunci : Fakultas Teknik, Parkir, Satuan Ruang Parkir ABSTRACT The increasing number of new students and users of two-wheeled and four-wheeled vehicles in the Faculty of Engineering, resulting in the need for parking spaces will also increase. This study aims to determine the need for parking spaces in the Faculty of Engineering location, the maximum accumulation value of two and four-wheeled vehicles that enter the Faculty of Engineering and plan effective and efficient parking facilities. By using the Maximum Accumulation Method based on the biggest difference between a vehicle entering and exiting. Data is collected by recording the number plates of two-and four-wheeled vehicles that enter and exit, the duration of the study is two days namely Monday and Friday on November 25 and 28 2019 starting at 08:00 - 17:00 WITA. Based on the research, it was concluded that the Parking Area of the Electrical Department has SRP for available motorcycles 76 SRP and the accumulation of parking is 71 SRP, while for Cars that are available 10 SRP and the accumulation of parking is 10 SRP, the Engineering Department has SRP for available motorcycles 399 SRP and accumulation the parking is 211 SRP, while for the available cars are 14 SRP and the accumulated parking is 14 SRP, the Civil Department has SRP for 543 SRP available motorbikes and the accumulated parking is 250 SRP, while for the available cars are 40 SRP and the accumulated parking is 18 SRP, the Dean has SRP for motorcycles that are available 142 SRP and accumulated parking 89 SRP, while for cars that are available 16 SRP and accumulated parking 15 SRP and the Department of Architecture has SRP for motorcycles that are available 165 SRP and the accumulation of parking is 126 SRP, while for cars that are available 14 SRP and accumulated parking 16 SRP. Keywords: Faculty of Engineering, Parking, Parking Space Unit

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up