JudulANALISIS TINGKAT KERUSAKAN JALAN MENGGUNAKAN METODE PAVEMENT CONDITION INDEX (PCI) DAN METODE PAVEMENT SERVICEABILITYINDEX (PSI) (STUDI KASUS JALAN R.E. MARTADINATA KOTA PALU) |
Nama: Mohamad Wawan Abdullah |
Tahun: 2020 |
Abstrak ANALISIS TINGKAT KERUSAKAN JALAN MENGGUNAKAN METODE PAVEMENT CONDITION INDEX (PCI) DAN METODE PAVEMENT SERVICEABILITY INDEX (PSI) (STUDI KASUS JALAN R.E. MARTADINATA KOTA PALU) Mohamad Wawan Abdullah, Mashuri ABSTRAK Jalan Nasional merupakan jalan penghubung antar Provinsi untuk memperlancar transportasi nasional dan menjadi tanggung jawab Negara. Jalan R.E. Martadinata termasuk dalam ruas jalan Nasional yang terletak di Kota Palu dengan fungsi jalan Arteri. Analisis Tingkat Kerusakan Jalan Menggunakan Metode Pavement Condition Index (PCI) dan Metode Pavement Serviceability Index (PSI) (Studi Kasus Jalan R.E. Martadinata Kota Palu) sistem penilaian kondisi perkerasan jalan berdasarkan jenis, tingkat dan kadar kerusakan yang terjadi, dan dapat digunakan sebagai acuan dalam usaha pemeliharaan perkerasan jalan. Beban lalu lintas yang tinggi menyebabkan banyak terjadi kerusakan, sehingga mengganggu kenyamanan dan keselamatan berkendara. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menilai kondisi perkerasan Jalan R.E. Martadinata Kota Palu. Penelitian dilakukan secara visual dengan metode Pavement Condition Index dan metode Pavement Serviceability Index. Jalan R.E. Martadinata Kota Palu dengan panjang 7.000 m dan lebar 8,8 m dibagi menjadi beberapa segmen dengan ukuran 52 x 8,8 m per segmennya. Masing-masing segmen diamati secara visual dengan mengukur dimensi, identifikasi jenis dan tingkatan kerusakannya untuk mendapatkan nilai PCI dan PSI. Hasil analisis menunjukkan bahwa kerusakan yang terjadi antara lain pelapukan dan butiran lepas, tambalan dan tambalan galian, retak memanjang dan melintang, retak kulit buaya, retak blok, retak slip dan lubang. Nilai PCI rata-rata untuk Jalan R.E. Martadinata Kota Palu adalah 43,50 yang dikategorikan dalam kondisi Sedang, nilai PCI terbesar adalah 64,00 pada unit segmen 16 dengan rating baik, nilai PCI terkecil adalah 14,00 pada unit segmen 8 dengan rating sangat buruk. Nilai PSI rata-rata untuk Jalan R.E. Martadinata Kota Palu adalah 1,9853 yang dikategorikan dalam kondisi Buruk, nilai PSI terbesar adalah 2,0643 pada unit segmen 9 dengan rating sedang, nilai PSI terkecil adalah 1,9173 pada unit segmen 1 dengan rating buruk, sehingga perlu suatu penanganan serius dari pemerintah untuk segera melakukan perbaikan sebelum kerusakan menjadi lebih parah. Kata kunci : Pavement Condition Index (PCI), Pavement Serviceability Index (PSI), Identifikasi, Segmen. |