JudulANALISIS STRATEGI PEMASARAN KERIPIK BAWANG PUTIH PADA INDUSTRI “MISTER KRIBANGS” DI KOTA PALU SULAWESI TENGAH |
Nama: VIRDATUL HAZANAH |
Tahun: 2024 |
Abstrak Virdatul Hazanah E32222011. Analisis Strategi Pemasaran Pemasaran Keripik Bawang Putih Pada Industri “Mister Kribangs” Di Kota Palu Sulawesi Tengah. Dibimbing Oleh Christoporus dan Dewi Nur Asih, 2024. Industri Mister Kribangs merupakan salah satu usaha yang berpotensi untuk di kembangkan dimana industri merupakan salah satu jenis industri yang mengusahakan keripik bawang putih yang ada dikota palu dan memiliki prospek serta peluang pasar yang baik, usaha ini bertempat di kompleks perumahan Lagarutu Jalan Meterologi Palu Timur, Kota Palu Sulawesi Tengah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang menjadi kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman pada Keripik Bawang yang telah dilakukan oleh usaha industri “Mister Kribangs” di Kota Palu, mengetahui analisis strategi pemasaran Keripik Bawang Putih yang tepat diterapkan dalam mendukung usaha Industri Mister Kribangs di Kota Palu. Hasil Penelitian diperoleh total nilai yang diperoleh tabel IFAS yaitu sebesar 6,82 dengan skor kekuatan 3,62 dan skor kelemahan sebesar 3,20. Hal ini menunjukkan bahwa faktor kekuatan pada Industri Mister Kribangs lebih besar dari faktor kelemahan, sedangkan total nilai yang diperoleh EFAS, yaitu sebesar 6,98 dengan skor peluang 3,62 dan skor ancaman sebesar 3,21 Hal ini menunjukkan bahwa faktor peluang yang dimiliki oleh Industri Mister Kribangs lebih besar dari faktor ancaman. Berdasarkan hasil perhitungan dari nilai rating dan bobot faktor internal analisis strategi pemasaran keripik bawang putih sebagai sumbu X yaitu 0,42 sedangkan faktor eksternal pada Industri Mister Kribangs sebagai sumbu Y yaitu 0,41. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kondisi usaha keripik bawang pada Industri Mister Kribangs saat ini pada kuadran I, dimana pada posisi tersebut merupakan posisi yang menguntungkan bagi industri karena industri dapat menciptakan strategi untuk memanfaatkan peluang yang ada. Kata Kunci: Strategi, Pemasaran, Analisis SWOT, Keripik Bawang Putih. |