JudulPERBANDINGAN STRATEGI PEMASARAN SAYUR HIDROPONIK DAN KONVENSIONAL MELALUI MARKETING MIX |
Nama: RESKY SAPUTRA |
Tahun: 2024 |
Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk (1) menganalisis strategi pemasaran yang meliputi produk, harga, promosi dan distribusi sayuran hidroponik di Kota Luwuk. (2) menganalisis strategi pemasaran yang meliputi produk, harga, promosi dan distribusi sayuran konvensional di Kota Luwuk. (3) menganalisis perbedaan strategi pemasaran yang meliputi produk, harga, lokasi dan distribusi dan promosi sayur hidroponik dan konvensional di Kota Luwuk. Penelitian ini menggunakan metode survei dengan menggunakan kuesioner dalam pengambilan data primer. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) penerapan strategi pemasaran sayur hidroponik oleh Andri Farm Hidroponik Luwuk sudah memenuhi unsur strategi bauran pemasaran yaitu Product, Price, Place, dan Promotion, (2) penerapan strategi pemasaran sayur konvensional Luwuk Utara sudah memenuhi unsur Product, Price, Place, dan Promotion, dan (3) Komparatif strategi pemasaran sayur hidroponik Andri Farm Hidroponik Luwuk dan sayur konvensional di Kecamatan Luwuk Utara dalam analisis unsur 4P, sayur hidroponik Andri Farm Hidroponik Luwuk unggul dalam unsur product dan promotion sedangkan petani sayur konvensional unggul dalam price dan place. Kata Kunci: Sayur hidroponik, konvensional, product, price, place, dan promotion |