JudulPengaruh Preferensi Konsumen Terhadap Pembelian Buah Pir (Pyrus) Di Hypermart Palu Grand Mall |
Nama: ADHE RISYA PETTALOLO |
Tahun: 2022 |
Abstrak Buah pir merupakan salah satu komoditas buah impor dengan berbagai atribut buah yang menjadi preferensi konsumen membelinya, mudah didapatkan, dan dengan harga yang relative lebih murah dari buah impor lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui atribut buah yang menjadi preferensi konsumen membeli buah pir, dan 2) Mengetahui atribut buah yang paling dipertimbangkan konsumen dalam volume pembelian buah pir. Lokasi penelitian di Hypermart Palu Grand Mall Kota Palu, yang ditentukan secara sengaja (Purposive Sampling) dengan pertimbangan bahwa merupakan tempat penjualan buah impor terbesar di Kota Palu. Responden penelitian ditentukan secara Purposive Sampling, dengan jumlah sampel 75 orang. Hasil analisis Chi-Square test memperlihatkan bahwa kategori atribut harga merupakan salah satu atribut penting, harga buah pir yang mahal dengan kualitas tinggi tetap menjadi pilihan konsumen. Kategori atribut rasa merupakan atribut penting, rasa yang disukai konsumen adalah rasa manis. Kategori atribut warna merupakan atribut buah yang menarik, dengan pilihan warna yang paling diminati adalah warna kuning. Tekstur buah pir merupakan atribut yang menyangkut selera konsumen, tekstur renyah yang terasa lebih banyak mengandung air menjadi pilihan konsumen. Ukuran buah merupakan kategori atribut buah pir ukuran sedang dengan jumlah 4 buah/kg yang menjadi pilihan konsumen. Selanjutnya, hasil Analisis Diagram Jalur Model 1 memperlihatkan bahwa variabel harga (X1), rasa (X2), dan warna (X3) berhubungan langsung terhadap keputusan volume pembelian buah pir oleh responden/konsumen, sedangkan variabel tekstur (X4) dan ukuran (X5) buah pir berpengaruh tidak secara langsung terhadap volume pembelian konsumen di pusat perbelanjaan Hypermart Palu Grand Mall Kota Palu. |