JudulPENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN BAWANG GORENG DI UKM LINDA KOTA PALU |
Nama: FADILAH |
Tahun: 2025 |
Abstrak Usaha Kecil Menengah (UKM) Linda menghadapi beberapa permasalahan, antara lain produk yang kurang dikenal oleh masyarakat luas, keterbatasan jaringan distribusi, harga yang tidak kompetitif, promosi yang tidak efektif, dan penggunaan media sosial yang tidak fokus. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh bauran pemasaran terhadap keputusan pembelian bawang goreng UKM Linda di Kota Palu Penelitian ini dilaksanakan pada Bulan Januari-Februari 2025. Pemilihan lokasi ini dilakukan secara sengaja (purpossive). Responden dalam penelitian ini adalah konsumen yang membeli bawang goreng UKM Linda di Kota Palu yang berjumlah 30 orang, karena konsumen tersebut memiliki informasi terkait keputusan pembelian bawang goreng UKM Linda. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukan Variabel produk (X1) berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian bawang goreng UKM Linda Kota Palu. Hasil uji T diperoleh nilai Thitung sebesar 3,257 > dari Ttabel 2,045 dan nilai tingkat signifikan 0,00 < 0> dari Ttabel 2,045 dan nilai tingkat signifikan 0,02 < 0> 0,05 yang artinya variabel tempat berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian bawang goreng UKM Linda Kota Palu. Maka dapat disimpulkan Ho diterima dan Ha ditolak. Variabel promosi (X4) diperoleh nilai Thitung sebesar 3,452 > dari Ttabel 2,045 dan nilai tingkat signifikan 0,00 < 0,05 yang artinya variabel promosi berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian bawang goreng UKM Linda Kota Palu. Maka dapat disimpulkan Ho ditolak dan Ha diterima dan Bauran pemasaran berpengaruh secara simultan terhadap keputusan pembelian bawang goreng UKM Linda Kota Palu. Maka dapat disimpulkan Ho ditolak dan Ha diterima. Artinya bauran pemasaran berpengaruh terhadap keputusan pembelian bawang goreng UKM Linda di Kota Palu. |