JudulTingkat Penerapan Bauran Pemasaran Sambal Baby Cumi Pada Usaha Kecil Menengah (UKM) Ummu Khalif Di Kota Palu |
Nama: SALEHA NALI |
Tahun: 2025 |
Abstrak Sulawesi tengah secara geografis berada di bawah garis khatulistiwa, posisi ini memberi suatu keunggulan tersendiri berupa keanekaragaman kekayaan hasil laut dan perikanan. Pemanfaatan cumi-cumi sebagai bahan utama pada pembuatan sambal ini sering digunakan oleh usaha kecil menengah (UKM) dengan memanfaatkan bauran pemasarannya dalam berusaha serta menciptakan produk yang memuaskan. Penelitian ini bertujuan untuk menghitung berapa besar tingkat penerapan bauran pemasaran pada UKM Ummu Khalif di Kota Palu. Penelitian ini telah dilaksanakan di UKM Ummu Khalif yang berlokasi di Jalan Karanjalembah No 18. Kota Palu pada Bulan November sampai Desember Tahun 2024. Responden dalam penelitian ini adalah pemilik, 2 karyawan, dan 13 orang konsumen. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis statistik deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan selama 2 bulan yaitu pada bulan November sampai Desember 2024. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat penerapan bauran pemasaran pada produk sambal baby cumi di UKM Ummu Khalif 4 dari 7 unsur bauran pemasaran termasuk dalam kategori penerapan sangat baik yaitu (produk, promosi, sumberdaya manusia, proses) yang dinyatakan diterapakan pada UKM Ummu Khalif. Sedangkan unsur harga dan bentuk fisik masuk pada kategori penerapan cukup baik sehingga dinyatakan belum diterapkan komponen tersebut di UKM Ummu Khalif dan unsur yang terakhir yaitu tempat termasuk kategori penerapan tidak baik sehingga dinyatakan tidak diterapkan pada UKM Ummu Khalif. |