Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulStrategi Pemasaran Sambal Ikan "Duo" Pada UD. Cendana Food Di Kota Palu
Nama: WISDA AZAHWA
Tahun: 2024
Abstrak
UD Cendana Food merupakan suatu home industri yang berdiri sejak tahun 2012 sampai sekarang bergerak dalam bidang pengolahan makanan oleh-oleh khas Palu seperti Sambal Ikan Duo. Permasalahan paling utama saat ini adalah mengenai menurunnya penjualan sambal Ikan Duo di UD Cendana Food dan masih kurangnya pemanfaatan media social untuk melakukan promosi/pemasaran produk.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pemasaran yang tepat untuk usaha sambal ikan duo pada UD. Cendana Food di Kota Palu. Penentuan responden ditentukan secara sengaja (Purposive). Jumlah responden 6 yang terdiri dari 1 orang pemimpin, 1 orang karyawan, 2 orang konsumen dan 2 orang pesaing industri lain. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis SWOT (Strengths, Weaknesses, Opportunities, Threats).Hasil analisis SWOT menunjukkan bahwa strategi pemasaran sambal ikan duo pada UD.Cendana Food berada pada strategi ST (Strengths/Threats) yaitu kuadran II, dimana pada posisi ini menciptakan strategi yang menggunakan kekuatan untuk memanfaatkan peluang. Alternatif strategi yaitu (a) Mempertahankan cita rasa yang khas dan harga produk terjangkau guna mengantisipasi daya beli masyarakat yang menurun;(b) Memanfaatkan tenaga kerja untuk meningkatkan keterampilan untuk mengatasi persaingan dengan industri lain;(c) Mempersiapkan modal kepemilkan usaha ketika terjadi fluktuasi harga bahan baku; (d) Mempertahankan daya tahan produk lama untuk mengahadapi persaingan dari industri lain; (e) Melakukan perenovasian lokasi usaha yang kurang strategis, dengan memanfaatkan tenaga kerja yang tersedia Kata Kunci: SWOT, Strategi Pemasaran, UMKM

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up