JudulANALISIS EFISIENSI PADA TINGKAT SALURAN PEMASARAN BERAS DI DESA SIDONDO I KABUPATEN SIGI KOTA PALU |
Nama: AHMAD ZUBAIR LUBIS |
Tahun: 2025 |
Abstrak Efisiensi pemasaran adalah pengorbanan yang sekecil mungkin dari berbagai sumber barang sehingga dapat memberikan kepuasan setinggi mungkin terhadap barang atau jasa yang diminta konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk saluran pemasaran beras, margin, bagian harga yang diterima petani, dan tingkat efisiensi pemasaran yang ada di Desa Sidondo I Kabupaten Sigi. Responden petani padi sawah yang diambil dalam penenlitian ini sebanyak 36 responden dari total populasi sebanyak 220 orang. Metode analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa saluran pemasaran beras pertama lebih efisien karna makin panjang jalur lembaga makin besar harga produk. Total margin pemasaran beras yang diperoleh pada saluran pemasaran pertama yaitu Rp.2.000/Kg, dan pada saluran pemasaran kedua yaitu sebesar Rp.3.000/Kg. Nilai efisiensi pemasaran beras pada saluran pemasaran pertama yaitu 1,97%, dan nilai efisiensi pemasaran beras pada saluran kedua yaitu sebesar 2,48%. Besarnya bagian harga yang diterima oleh petani padi pada saluran pemasaran pertama yaitu sebesar 84,61%, dan bagian harga yang diterima petani pada saluran pemasaran kedua yaitu sebesar 78.57%. Dari kedua nilai efisiensi pada saluran I dan II yang paling efisiensi adalah saluran I. Kata Kunci: efisiensi pemasaran, Beras, desa sidondo I ABSTRACT Marketing efficiency is the least possible sacrifice of various sources of goods so as to provide the highest possible satisfaction with the goods or services demanded by consumers. This study aims to determine the form of rice marketing channels, margins, the share of prices received by farmers, and the level of marketing efficiency in Sidondo I Village, Sigi Regency. Respondents of wet-rice farmers taken in this research were 36 respondents from a total population of 220 people. The data analysis method uses quantitative descriptive analysis. The results showed that the first rice marketing channel was more efficient because the longer the institutional channel the greater the product price. The total rice marketing margin obtained in the first marketing channel is Rp.2,000/Kg, and in the second marketing channel is Rp.3,000/Kg. The value of rice marketing efficiency in the first marketing channel is 1.97%, and the value of rice marketing efficiency in the second channel is 2.48%. The amount of price share received by rice farmers in the first marketing channel is 84.61%, and the price share received by farmers in the second marketing channel is 78.57%. Of the two efficiency values in channels I and II, the most efficient is channel I. |