Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulAnalisis Pemasaran Abon Ikan Tuna Pada UD Cendana Food Kota Palu
Nama: I GEDE ROY JAVA WARSANA
Tahun: 2024
Abstrak
UD Cendana Food merupakan suatu home industry yang berdiri sejak tahun 2012 sampai sekarang bergerak dalam bidang pengolahan makanan oleh oleh khas Palu seperti abon ikan tuna. Usaha abon ikan tuna dapat juga dikonsumsi sebagai pelengkap makanan ataupun sebagai lauk pauk, hal ini menjadi salah satu peluang usaha bagi masyarakat dalam sektor industri. Perkembangan usaha abon ikan tuna saat ini masih memiliki kendala yaitu terjadinya penurunan pendapatan dan daya beli masyarakat yang kurang terhadap produk sambal ikan duo. Penelitian bertujuan untuk mengetahui (1) bentuk saluran pemasaran (2) besarnya margin pemasaran abon ikan tuna (3) efesiensi pemasaran abon ikan tuna pada masing-masing saluran pemasaran Penelitian dilaksanakan pada UD. Cendana Food Kota Palu dengan mengambil 8 orang responden diantaranya pemilik UD Cendana Food, 1 orang karyawan bagian produksi dan 1 orang karyawan bagian pemasaran, 2 orang pedagang pengecer dan 3 orang konsumen Hasil penelitian menunjukkan bahwa saluran pemasaran abon ikan tuna pada UD. Cendana Food terdiri atas 2 saluran, yaitu : Produsen – Pedagan pengecer – Konsumen akhir Produsen – Konsumen akhir. Margin pemasaran abon ikan tuna pada saluran pemasaran I yaitu Rp.20.000/100gram dan margin pemasaran abon ikan tuna pada saluran pemasaran II tidak ditemukan margin pemasaran karena tidak ada lembaga pemasaran yang terlibat dalam memasarkan produk abon ikan tuna. Tingkat efisiensi saluran pemasaran abon ikan tuna UD Cendana Food sudah berlangsung secara efisiensi pada kedua saluran pemasaran tersebut berada antara 0 – 33% yaitu saluran pemasaran I sebesar 23,33%, dan saluran pemasaran II sebesar 8,55%.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up