Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulStrategi Pengembangan Pada CV Banua Pertanian Palu Dengan Pendekatan Business Model Canvas (BMC)
Nama: BRIAN
Tahun: 2024
Abstrak
CV Banua Pertanian merupakan Palu salah satu e-commerce di Kota Palu yang bergerak dibidang pertanian dengan tujuan mensejahterakan petani. CV Banua Pertanian Palu menawarkan aplikasi dan website sebagai strategi dalam menyampaikan informasi tentang kebutuhan komsumsi semua kalangan, nantinya akan didistribusikan ke seluruh pelanggan di Kota Palu dan diluar kota (jabodetabek). Dalam memasarkan produknya CV Banua Pertanian Palu mengambil langsung hasil panen dari para petani. Sedangkan pemasaran produk CV Banua Pertanian memanfaatkan teknologi situs jejaring sosial seperti aplikasi, platform website, instagram, facebook dan whatsapp dalam aktivitas bisnis. Penelitian ini bertujuan untuk : 1). Mengetahui konsep “Business Model Canvas (BMC)” yang sekarang diterapkan oleh CV Banua Pertanian. 2). Mengetahui alternatif konsep “Business Model Canvas “BMC”)” yang dapat diterapkan oleh CV Banua Pertanian Palu di masa mendatang. Penelitian ini telah dilaksanakan di CV Banua Pertanian Palu pada bulan Januari sampai bulan Mei Tahun 2024. Responden dalam penelitian ini adalah pemilik, karyawan, dan konsumen. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Metode ini diolah berdasarkan 9 elemen bisnis model kanvas (BMC) yang lama, yang selanjutnya dilakukan analisi SWOT pada setiap elemenya sehingga menghasilkan bisnis model kanvas (BMC) yang baru. Strategi alternatif pengembangan usaha dapat dirumuskan dan ditentukan dengan mengidentifikasi setiap elemen businesss model kanvas pada Usaha CV Banua Pertanian Palu. Berdasarkan hasil dan pembahasan, maka dapat disimpulkan bahwa CV Banua Pertanian perlu untuk melakukan penambahan pada semua elemen bisnis model kanvas, seperti: (1) customer segment: penambahan segmentasi pelangan, Perkantoran (2) value proposition: pembaruan Mengikuti trand terbaru (3) customer relationship: Promo pada hari tertentu (4) channels: Penambahan Outlet baru dengan tempat strategis,, Mengikuti pameran dan event untuk memperluas pasar (5) revenue stream: Customomized product (6) key resources: Kerjasama dengan tenaga ahli untuk pengembangan usaha (7) key activities: Pengelolahan produk baru untuk memperpanjang daya simpan sehingga menjadi peluang bisnis (8) key partnership: Penambahan mitra luar daerah (9) cost structure: Biaya pembelajaran untuk product development.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up