JudulStrategi Pemasaran Produk Pada IKM Al-Fath Di Kabupaten Sigi |
Nama: I MADE ARI ARDIKA |
Tahun: 2024 |
Abstrak Penelitian bertujuan untuk mengetahui strategi yang tepat dalam mengatasi kurangnya jaringan konsumen pada produk IKM Al-Fath di Kabupaten Sigi. Penelitian ini dilaksanakan di rumah produksi Al-Fath Jl.Akasia Raya No.18, Tinggede, Kec. Marawola, Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Oktober sampai bulan Desember tahun 2023. Responden dalam penelitian ini yaitu pemilik IKM Al-Fath,2 anggota keluarga yang turut membantu proses produksi, 2 konsumen dan 1 pihak Dinas. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis SWOT. Hasil analisis dari matriks SWOT IFAS dan EFAS menunjukan bahwa strategi pemasaran produk pada IKM Al-Fath di Kabupaten Sigi berada pada kuadran 3, maka strategi difokuskan pada Strategi WO yaitu dengan meminimalisir kelemahan internal dan memanfaatkan peluang yang ada. Alternatif WO yaitu (1) memanfaatkan media online seperti instagram, Facebook untuk melakukan promosi dan penjualan. (2) menambah mitra dalam memasarkan produk seperti rumah makan yang bisa menjual kembali produk A-Fath. (3) membuat desain kemasan yang semenarik mungkin dan turut serta dalam event-event yang di adakan oleh pemerintah seperti expo dan pemeran produk. |