JudulStrategi Pemasaran Usaha Tanaman Hias Rumahan Di Dusun Lekatu Kelurahan Tipo Kecamatan Ulujadi Kota Palu |
Nama: ALYA HAFIZA |
Tahun: 2025 |
Abstrak Tanaman hias adalah jenis tanaman hortikultura yang mempunyai nilai keindahan/estetika baik bunga, daun, batang, buah, maupun akarnya. Jenis tanaman hias sangat beraneka ragam, mulai dari tanaman hias potong sampai yang ditanam dalam pot serta mempunyai nilai ekonomi yang tinggi, sehingga banyak yang menjadikannya sebagai peluang usaha yang menjanjikan karena dilihat dari segi permintaan dan harga jual juga sangat tinggi. Tanaman hias yang di usahakan di Dusun Lekatu merupakan jenis tanaman hias yang mudah di tanam dan umumnya termasuk kelompok tanaman hias dalam pot. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pemasaran yang tepat pada usaha Tanaman Hias Rumahan di Dusun Lekatu. Usaha ini merupakan sumber pendapatan lokal, yang dikelola dengan baik, namun lokasi yang jauh dari pusat Kota Palu serta promosi yang di lakukan masih bersifat sederhana, menjadikan usaha tanaman hias ini belum banyak di kenal oleh masyarakat. Penelitian ini dilaksanakan pada Bulan Juni sampai dengan Bulan Agustus 2024. Penentuan responden dilakukan menggunakan sampling jenuh dengan jumlah sebanyak 20 responden, dengan kriteria yaitu 15 orang masyarakat yang mengusahakan tanaman hias, 1 pesaing dan 4 orang konsemen. Analisis data yang digunakan adalah analisis SWOT. Hasil penelitian menunjukkan bahwa startegi yang tepat dalam pemasaran di Dusun Lekatu adalah Alternatif strategi (SO) yaitu, (1) Memanfaatkan peluang pasar yang luas untuk melakukan promosi di media sosial dengan harga terjangkau. (2) Memanfaatkan pengalaman dalam membudidayakan tanaman hias untuk menghasilkan produk dengan kualitas yang baik. (3) Meningkatkan variasi tanaman hias untuk mempertahankan loyalitas konsumen. Kata Kunci : Strategi Pemasaran, SWOT, Tanaman Hias |