JudulStrategi Pemasaran Menggunakan Media Sosial Instagram Pada UD. Cendana Food Kota Palu |
Nama: JULIA ARTARIZA |
Tahun: 2024 |
Abstrak Instagram merupakan platform media sosial yang efektif untuk pemasaran karena fitur visualnya yang menarik dan kemampuannya untuk menjangkau audiens secara luas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui rekomendasi strategi pemasaran menggunakan media sosial instagram yang tepat pada UD. Cendana Food. Penentuan responden pada penelitian ini ditentukan secara purposive sampling, jumlah responden sebanyak 6 orang. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis SWOT. Hasil analisis menunjukan bahwa strategi pemasaran menggunakan instagram di UD. Cendana Food berada pada strategi ST yaitu kuadran II dengan nilai 4,16, Alternatif ST yaitu (a) Menggunakan fitur e-commerce untuk menjual produk secara langsung melalui platform tanpa harus bergantung pada saluran distribusi yang mungkin terpengaruh oleh regulasi dan kebijakan yang ada; (b) Memanfaatkan keberagaman produk untuk menghadapi persaingan yang ketat dengan mengintegrasikan berbagai produk dalam promosi media sosial guna menghadapi kompetitor dan memperkuat posisi pasar; (c) Memanfaatkan interaksi langsung dengan pelanggan untuk menangani kritik atau komentar negatif di Instagram secara efektif. Dengan memberikan tanggapan yang cepat dan langsung terhadap umpan balik negatif, UD. Cendana Food. |