Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulANALISIS PEMASARAN KEMIRI DI DESA BAKUBAKULU KECAMATAN PALOLO KABUPATEN SIGI
Nama: SUCI RAHMADHANI
Tahun: 2024
Abstrak
ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk saluran pemasaran, margin pemasaran, bagian harga yang diterima produsen serta efisiensi pemasaran kemiri. Penelitian ini dilaksanakan di Desa Babakulu Kecamatan Palolo Kabupaten Sigi, cara menentukan responden yaitu menggunakan metode sampel acak sederhana (Simple Random Sampling Method) dengan jumlah sampel 34 dari 160 populasi, untuk menentukan responden pedagang yaitu digunakan metodepenjajakan (TraicingSampling) sebanyak 2 orang pedagang sehingga jumlah sampel keseluruhan yaitu 36 responden. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis deskriptif. Hasil analisis pemasaran menunjukkan bahwa saluran pemasaran kemiri di Desa Bakubakulu Kecamatan Palolo Kabupaten Sigi terdapat dua saluran yaitu: saluran pertama Produsen-PedagangPengumpul-Pedagang Besar- Konsumen, pada saluran dua Produsen-Pedagang Besar-Konsumen. Margin pemasaran kemiri pada saluran I yaitu M????=Rp.30.500 sedangkan saluran II yaitu M????=Rp.30.000.Bagian harga yang diterima petani pada saluran I yaitu 22,78%, sedangkan pada saluran II yaitu 24,05%. Efisiensi pemasaran pada saluran pertama diperoleh hasil sebesar 5,03?n saluran kedua diperoleh hasil sebesar 4,78%,sehingga dari kedua saluran tersebut, saluran yang paling efisien yaitu saluran kedua dengan nilai efisiensi sebesar 4,78%. KataKunci: Harga,Margin, Efisiensi.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up