Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulSTRATEGI PENGEMBANGAN USAHA KERIPIK PISANG PADA UMKM “KERIPIK ASBAL” KOTA PALU
Nama: DINA PURNAMA
Tahun: 2025
Abstrak
RINGKASAN Dina Purnama (E 321 20 108). Strategi Pengembangan Usaha Keripik Pisang Pada UMKM “Keripik Asbal” Kota Palu. Dibimbing oleh Arifudin Lamusa, dan Karlina Muhsin Tondi, 2024. Kapasitas produksi keripik pisang pada UMKM Keripik Asbal tahun 2023 pada bulan Januari sampai Desember Mengalami fluktuasi. Berdasarkan hasil wawancara langsung dengan pimpinan UMKM Keripik Asbal Kota Palu memiliki kelemahan bahwa kendala utama yang dihadapi oleh UMKM ini adalah kurangnya ketersediaan bahan baku pisang tanduk. Selain itu fluktuasi juga disebabkan oleh beberapa hal yang dipengaruhi faktor internal dan eksternal, maksudnya adalah faktor yang dapat mempengaruhi proses produksi secara langsung hingga faktoir lain diluar proses produksi. Berdasarkan rumusan masalah tersebut, maka tujuan dari penelitian ini yaitu merumuskan alternatif strategi pengembangan usaha yang tepat dan dapat diterapkan UMKM Keripik Asbal Kota Palu. Penelitian ini dilakukan di usaha Keripik Asbal yang beralamat di jalan Cut Nyak Dien kompleks Asrama Balaesang, Kelurahan Besusu Barat, Kecamatan Palu Timur Kota Palu. Penelitian dilaksanakan pada bulan Agustus Tahun 2024. Responden yang diambil dalam penelitian ini terdiri dari 7 orang yang dipilih dari pihak internal dan eksternal, yang terdiri dari 1 orang pimpinan industri dan 2 orang karyawan, sedangkan responden dari dari pihak eksternal ialah 2 orang konsumen, 1 orang pemilik usaha sejenis atau pesaing dan 1 orang dari Dinas Koprasi UMKM dan tenaga kerja Kota Palu. Hasil penelitian menunjukkan Pada analisis SWOT didapatkan total skor IFAS sebesar 0,17 dan total skor EFAS sebesar 0,12 sehingga diketahui bahwa usaha keripik pisang pada UMKM keripik asbal pada saat ini berada pada kuadran I yaitu pada posisi strategi kekuatan-peluang S-O. Usaha keripik asbal memiliki beberapa kekuatan dan peluang yang dapat dikembangkan, di antaranya dengan memanfaatkan peluang berupa media promosi yang sangat berkembang serta didukung dengan pangsa pasar yang luas. Strategi harga yang ditetapkan juga merupakan salah satu peluang yang dapat dimanfaatkan dengan cita rasa keripik yang beragam. Serta memiliki pengalam dalam berwirausaha dapat menjadi kekuatan guna memperluas jaringan distribusi, dengan memanfaatkan pangsa pasar yang luas. Sehingga peluang dan kekuatan dapat mengembangkan usaha keripik asbal. Meningkatkan sistem manajemen melalui mitra binaan untuk mengatasi masalah teknologi kurang memadai untuk meningkatkan produksi. Serta mencari alternatif untuk mengatasi ketersediaan stok bahan baku, dengan lebih banyak menjalani hubungan bermitra dengan petani pisang.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up