Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulStrategi Pengembangan Produk Bawang Goreng Pada Industri Cendana Food Di Kota Palu
Nama: MOHAMMAD ARIF SAPUTRA
Tahun: 2025
Abstrak
ABSTRACT The Cendana Food industry has a problem, namely the strategy used in developing fried onion products is still not good which makes it less competitive with existing competitors and also has internal and external problems in the company. This study aims to determine the right strategy used in the development of fried onion products in the Cendana Food industry. The research location was chosen purposively, with the consideration that Cendana Food has problems in developing fried onion products that make it less superior than its competitors. The implementation of this research was carried out from May 2024 to June 2024. This research involved six respondents, including one business owner of Cendana Food Palu, two employees, two consumers and one competitor. The analysis used in this Study is to use SWOT analysis. Based on the results of the analysis using SWOT analysis, the X axis in the SWOT diagram is 0.75 and the Y axis in the SWOT diagram is 0.38. It can be concluded that, the product development strategy for fried onions in the Cendana Food industry is in quadrant one, namely by utilizing all strengths to take advantage of existing opportunities (SO strategy). Keywords : Strategy, Fried Onion, SWOT ABSTRAK Industri Cendana Food memiliki masalah yang dihadapi yaitu strategi yang digunakan dalam mengembangkan produk bawang goreng masih belum baik yang membuatnya kurang bersaing dengan kompetitor yang ada dan juga memiliki masalah internal dan eksternal pada perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi tepat yang digunakan dalam pengembangan produk bawang goreng pada industri Cendana Food. Lokasi penelitian dipilih secara sengaja (Purpossive), dengan pertimbangan bahwa Cendana Food memiliki masalah dalam pengembangan produk bawang goreng yang membuatnya kurang unggul dibandingkan dengan para pesaingnya. Pelaksanaan penelitian ini dilakukan pada bulan Mei 2024 hingga bulan Juni 2024. Penelitian ini melibatkan enam responden yang diantaranya yaitu, satu orang pemilik usaha Cendana Food Palu, dua karyawan, dua konsumen dan satu pesaing. Analisis yang digunakan pada penelitian ini yaitu dengan menggunakan analisis SWOT. Berdasarkan hasil analisis dengan menggunakan analisis SWOT maka sumbu X dalam diagram SWOT adalah 0,75 dan sumbu Y dalam diagram SWOT adalah 0,38. Dapat disimpulkan bahwa, strategi pengembangan produk bawang goreng pada industri Cendana Food ada pada kuadran satu, yaitu dengan memanfaatkan seluruh kekuatan untuk memanfaatkan peluang yang ada (Strategi SO). Kata Kunci :Strategi, Bawang Goreng, SWOT

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up