Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulSTRATEGI PENGEMBANGAN USAHA HIDROPONIK SAYUR SELADA DI PT.NINA AGRO JAYA DESA POMBEWE KECAMATAN SIGI BIROMARU KABUPATEN SIGI
Nama: MUH SYAM
Tahun: 2025
Abstrak
PT. Nina Agro Jaya adalah perusahaan yang berfokus pada budidaya sayuran hidroponik di Kabupaten Sigi, Provinsi Sulawesi Tengah. Didirikan pada tahun 2019 setelah bencana alam, perusahaan ini menjadi satu-satunya usaha hidroponik di wilayah tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor internal dan eksternal serta strategi yang diterapkan oleh PT. Nina Agro Jaya. Penelitian ini dilaksanakan bulan September-Oktober 2024 pada PT. Nina Agro Jaya. Penentuan Lokasi secara sengaja (purposive) dengan pertimbangan bahwa di Kecamatan Sigi Biromaru masih sedikit petani hidroponik serta membudidayakan sayur-sayuran dengan sistem hidroponik itu sendiri. Responden sebanyak 6 (enam) orang. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Kualitatif, penelitian kualitatif digunakan untuk menggali informasi yang lebih mendalam mengenai fenomena yang diteliti. Dalam penelitian ini, metode pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam dan observasi langsung. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Data primer adalah data dan informasi yang diperoleh dengan cara observasi dan wawancara langsung dengan responden yang menggunakan daftar pertanyaan (Quisioner), sedangkan data sekunder adalah data yang diperoleh dari berbagai sumber yang sesuai dengan tujuan penelitian. Alat analisis data yang digunakan adalah analisis SWOT. Hasil analisis menunjukkan nilai total faktor internal (IFAS) sebesar 3,52, dengan rasio kekuatan (1,92) lebih besar dibandingkan rasio kelemahan (1,60). Sementara itu, nilai total faktor eksternal (EFAS) mencapai 3,04, dengan rasio peluang (1,67) lebih tinggi dibandingkan rasio ancaman (1,37). Perhitungan untuk IFAS dan EFAS dilakukan dengan mengalikan bobot dan rating dari masing- masing faktor, yang menunjukkan bahwa perusahaan memiliki kekuatan yang lebih besar dibandingkan kelemahan, serta peluang yang lebih signifikan dibandingkan ancaman. Strategi pengembangan yang diusulkan adalah strategi SO (Strengths- Opportunities), Strategi ini mencakup peningkatan kualitas produk, pengembangan varietas sayur baru, dan peningkatan fasilitas pengemasan. Dengan penerapan strategi yang tepat, PT. Nina Agro Jaya dapat meningkatkan daya saing dan keberlanjutan usaha di pasar hidroponik, serta memberikan kontribusi positif terhadap industri pertanian berkelanjutan di Indonesia.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up