Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulANALISIS PEMASARAN JAGUNG HIBRIDA DI DESA WOMBO INDUK KECAMATAN TANANTOVEA KABUPATEN DONGGALA
Nama: MUHTAR
Tahun: 2023
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk saluran pemasaran, margin pemasaran, bagian harga yang diterima produsen serta efisiensi pemasaran jagung hibrida. Penelitian ini dilaksanakan di Desa Wombo Induk Kecamatan Tanantovea Kabupaten Donggala, cara menentukan responden menggunakan metode sampel acak sederhana (Simple Random Sampling Method) dengan jumlah sampel 28 responden dari 112 petani. Selain itu untuk menentukan responden pedagang digunakan metode penjajakan (Tracing Sampling) sebanyak 3 orang pedagang, sehingga jumlah sampel keseluruhan 31 responden. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis deskriptif. Hasil analisis pemasaran menunjukan bahwa saluran pemasaran jagung hibrida di Desa Wombo Induk terdapat dua saluran pemasaran yaitu: saluran pertama Produsen ? Pedagang Pengumpul ? Pedagang Besar ? Konsumen, pada saluran kedua Produsen ? Pedagang Pengecer ? Konsumen. Hasil analisis pemasaran jagung hibrida pada saluran I yaitu MT =Rp.3.000 sedangkan saluran kedua yaitu MT = Rp.2.000. Bagian harga yang diterima petani pada saluran I yaitu sebesar 57,14 %, sedangkan pada saluran kedua yaitu sebesar 66,66 %. Efisiensi pemasaran pada saluran pertama diperoleh hasil sebesar 6,20?n saluran kedua diperoleh hasil sebesar 2,66%, sehingga dari kedua saluran tersebut, saluran yang paling efisien yaitu saluran kedua dengan nilai efisiensi sebesar 2,66%.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up