JudulSTRATEGI PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN DAYA SAING PRODUK KUE BAGEA PADA IKM MANALAGI JAYA DI KOTA PALU |
Nama: VIGO MEYDYANTO TIMANG SAROENGOE |
Tahun: 2024 |
Abstrak IKM Manalagi Jaya merupakan salah satu yang memproduksi produk kue bagea, industri ini terletak dijalan Basuki Rahmat 3 Kelurahan Tatura Utara Kecamatan Palu Selatan Kota Palu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Keadaan lingkungan internal dan eksternal yang dihadapi IKM Manalagi Jaya dalam melakukan strategi pemasaran produk bagea dan mengetahui Strategi Pemasaran Produk bagea yang dilakukan oleh IKM Manalagi Jaya. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Juni 2023, penentuan responden dilakukan secara sengaja (Purposive) yang terdiri dari 15 orang yang dipilih dari pihak internal 1 orang pemilik industri, 2 orang karyawan sedangkan dari pihak eksternal 7 orang konsumen IKM Bagea Manalagi Jaya, 2 orang dari pihak Dinas Perindustrian dan perdagangan Kota Palu, 2 orang resseler dan 1 orang pesaing hal ini didasarkan atas pertimbangan data yang diperoleh dari pimpinan, karyawan, konsumen, Dinas Perindustrian dan Perdagangan, resseler dan pesaing merupakan data rill dai perusahaan sehingga diharapkan dalam penelitian. Data yang digunakan dalam penelitian ini bersumber dari dua data yaitu data primer dan data sekunder. Pengumpulan data primer diperoleh dengan cara wawancara langsung dengan pimpinan IKM Manalagi Jaya dan karyawan dengan menggunakan daftar pertanyaan(Questionary), sedangkan data sekunder diperoleh dari intansi-intansi yang terkait dan literatur yang ada kaitannya dengan penelitian ini. Analisis yang digunakan yaitu analisis SWOT untuk mengetahui Faktor internal berupa kekuatan dan kelemahan serta faktor eksternal berupa peluang dan ancaman. Hasil analisis kuantitatif antara faktor internal dan faktor eksternal pada IKM Manalagi Jaya, akan diformulasikan pada diagram SWOT agar dapat diketahui letak kuadran IKM Manalagi Jaya. Titik tersebut nantinya dapat dijadikan sebagai acuan dalam menentukan alternatif strategi, yang sesuai dengan kuadran dimana titik tersebut berada.Hasil analisis IFAS dan EFAS dapat dilihat dari nilai skor pada masing-masing faktor baik faktor internal maupun faktor eksternal sebagai berikut Faktor kekuatan (Strengths):1,96 faktor Kelemahan (Weaknesses):1,20Faktor Peluang (Opportunities) : 1,76Faktor Ancaman (threats) : 0,88 |