JudulEfisiensi Pemasaran Cengkeh Dari Desa Sigega Bersehati Kecamatan Tinombo Selatan Kabupaten Parigi Moutong |
Nama: NOMIATI ALINI POLUME |
Tahun: 2024 |
Abstrak Nomiati Alini Polume (E 321 19 258). Efisiensi Pemasaran Cengkeh dari Desa Sigega Bersehati Kecamatan Tinombo Selatan Kabupaten Parigi Moutong, dibimbing oleh Marhawati Mappatoba dan Ali Akrab, 2024. Meningkatnya hasil pertanian diharapkan dapat memberikan keuntungan secara adil baik terhadap petani, pelaku pemasaran maupun konsumen. Pembagian keutungan yang adil diantara pelaku ekonomi sangat ditentukan oleh efisiensi pemasaran, sehingga akan memperkecil selisih antara harga ditingkat petani produsen dengan harga ditingkat konsumen. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui margin pemasaran, bagian harga yang didapatkan petani dan efisiensi pemasaran cengkeh. Penelitian ini dilaksanakan di Desa Sigega Bersehati Kecamatan Tinombo Selatan Kabupaten Parigi Moutong. Lokasi Penelitian ini dipilih secara sengaja dengan pertimbangan bahwa Desa Sigega Bersehati merupakan daerah penghasil cengkeh terbesar di Kecamatan Tinombo Selatan. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Juli hingga bulan Agustus 2023. Responden petani ditentukan secara sengaja (Purposive) dengan pertimbangan bahwa mereka memiliki lahan cengkeh dengan luas minimal 1ha pertanaman cengkeh monokultur, dan jumlah produksi cengkeh minimal 500kg/ha/tahun, jumlah petani yang dijadikan responden sebanyak 10 orang. Responden pedagang ditentukan secara snowball sampling sebanyak 3 orang terdiri dari 2 pedagang pengumpul dan 1 pedagang besar, dengan demikian jumlah responden pada penelitian ini sebanyak 13 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa margin pemasaran cengkeh dari Desa Sigega Bersehati sebesar Rp. 10.000 dengan margin pada masing-masing lembaga pemasaran sebesar Rp. 5.000. Nilai Farmer’s Share yaitu sebesar 92?ri harga yang dibayarkan konsumen, maka bagian harga yang diterima petani tinggi sesuai dengan kriteria bahwa >50?alah efisien. Nilai efisiensi pemasaran cengkeh menunjukkan bahwa pemasaran tersebut efisien yaitu sebesar 1,33% sesuai dengan kriteria 0-33?alah efisien, dengan demikian dapat diketahui dari hasil penelitian bahwa pemasaran cengkeh dari Desa Sigega Bersehati Kecamatan Tinombo Selatan Kabupaten Parigi Moutong efisien dengan margin yang rendah dan bagian harga yang diterima petani tinggi. Kata Kunci : Margin Pemasaran, Farmer’s Share, Efisiensi Pemasaran |