Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulSTRATEGI PEMASARAN USAHA KOPI JAHE PADA IKM RAJA BAWANG DI KOTA PALU
Nama: RENI RUSMIATI
Tahun: 2024
Abstrak
Peningkatan produksi kopi jahe harus tetap dilakukan guna menopang pertumbuhan industri. Apabila produksi meningkat, maka akan memberikan peluang yang besar bagi para pelaku usaha dalam meningkatkan keberhasilan dari kopi jahe. Industri yang memproduksi kopi jahe di Kota Palu salah satunya yaitu IKM Raja Bawang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pemasaran usaha kopi jahe pada IKM Raja Bawang di Kota Palu. Penelitian dilaksanakan pada IKM Raja Bawang yang terletak di Jalan Abdul Rahman Saleh Kota Palu. Pemilihan tempat penelitian dilakukan secara sengaja (Purposive) dengan pertimbangan bahwa IKM Raja Bawang merupa kan salah satu pengolahan Kopi Jahe. Sedangkan waktu penelitian dilakukan bulan September-Oktober 2023. Jumlah responden 5 orang yang dipilih dari pihak-pihak internal dan eksternal. Penelitian ini menggunakan Analisis SWOT (Strenght, Weakness, Opportunity, Threat). Berdasarkan analisis dan pembahasan mengenai strategi pemasaran produk kopi jahe pada IKM Raja Bawang di Kota Palu dapat disimpulkan bahwa, hasil analisis diagram SWOT menunjukkan kondisi yang tepat digunakan untuk peningkatan pemasaran kopi jahe guna memperluas jangkauan pemasaran pada IKM Raja Bawang terletak pada strategi S-T. Alternatif strategi S-T yaitu (a) memanfaatkan rasa dan kualitas produk (b) lokasi outlet yang strategis untuk mengatasi persaingan dengan lokasi industri lainnya dan memberikan harga yang terjangkau dapat menarik minat konsumen dan dapat meningkatkan penjualan

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up