JudulSTRATEGI PEMASARAN USAHA KERIPIK PISANG PADA INDUSTRI RUMAH TANGGA YUMNAMY DI KELURAHAN LASOANI KECAMATAN MANTIKULORE KOTA PALU |
Nama: INDAH SUCI RAMADHANI |
Tahun: 2024 |
Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor lingkungan Internal dan Eksternal, merumuskan strategi pemasaran dengan menggunakan metode analisis SWOT. Penelitian ini telah dilaksanakan di Kelurahan Lasoani Kecamatan Mantikulore Kota Palu pada Usaha Keripik Pisang Industri Rumah Tangga Yumnamy pada bulan Mei sampai bulan Juli 2023. Responden yang diambil sebanyak 15 orang yaitu 1 orang pemilik/pimpinan, 2 orang tenaga kerja, 5 konsumen, 2 instansi yang terkait (Dinas Koperasi dan UMKM Kota Palu Provinsi Sulawesi Tengah) dan 5 orang yang telah mengikuti organisasi sejenis (Novia Bakery Home, Kripik Asbal Palu, Keripik Singkong Bunda Sofi, Keripik Keju Palu, dan Keripik Pisang GR). Hasil penelitian ini menunjukkan diagram SWOT. Strategi pemasaran keripik pisang pada Industri Rumah Tangga Yumnamy terletak pada kuadran I yaitu pada posisi strategi Kekuatan-Peluang (SO) yaitu Memanfaatkan harga produk terjangkau dan tersedianya pasar mempermudah mendapatkan bahan-bahan produksi, dan Mempertahankan kualitas produk untuk memenuhi kepuasan sehingga menjadi pelanggan yang tetap. |