Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulStrategi Pemasaran Berbasis E-Commerce Pada Usaha Toru Farm Di Kota Palu
Nama: NUR ALAMATIKA S VENA
Tahun: 2023
Abstrak
Perdagangan elektronik atau e-commerce didefinisikan sebagai cara untuk menjual dan membeli barang dan jasa melalui jaringan internet. Salah satu tujuan penggunaan e-commerce adalah untuk meningkatkan daya saing serta membuka peluang jangkauan pasar yang lebih luas dengan memanfaatkan teknologi dan informasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pemasaran berbasis e- commerce berdasarkan kondisi faktor internal dan eksternal pada usaha Toru Farm. Penentuan responden ditentukan secara purposive sampling dan accidental sampling, jumlah responden sebanyak 6 orang, yaitu 1 Pimpinan atau Direktur Toru Farm, 2 karyawan Toru Farm, 2 konsumen Toru Farm, dan 1 karyawan Dinas Perindutrian dan Perdagangan Kota Palu. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis SWOT. Hasil analisis menunjukkan bahwa pemasaran di Toru Farm berada pada strategi SO yaitu kuadran I dengan nilai 0,54, artinya pada posisi ini perusahaan dapat memanfaatkan peluang dengan cara menggunakan kekuatan yang dimiliki. Alternatif strategi yaitu (a) melakukan pembaharuan atau inovasi pada pemasaran berbasis e-commerce dengan memanfaatkan website, aplikasi yang dimiliki dan menciptakan platform media sosial sesuai dengan perkembangan penggunaan teknologi dan informasi yang ada pada pemasaran saat ini sehingga produk yang berkualitas pada Toru Farm juga dapat dikenal lebih luas oleh masyarakat Kota Palu (b) meningkatkan kualitas pelayanan yang optimal secara online maupun offline agar terbukanya peluang dan dapat memanfaatkan peluang dengan melakukan penambahan cabang/outlet sehingga merambah pangsa pasar yang lebih luas.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up