JudulSTRATEGI PEMASARAN USAHA IKAN TUNA DI CV. MAULANA KABUPATEN DONGGALA |
Nama: YANA DEVITHA |
Tahun: 2025 |
Abstrak Tujuan penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pemasaran yang sesuai dan tepat dalam memasarkan ikan tuna CV. Maulana Kabupaten Donggala. Penelitian lokasi ini dilakukan secara sengaja (purposive). Penelitian dilaksanakan bulan Agustus hingga bulan Oktober 2023. Responden dalam penelitian ini sebanyak 10 orang terdiri dari 1 orang pemimpin, 1 orang sekretaris, 1 orang bendahara, 6 orang karyawan.. Alat analisis data yang digunakan untuk mengetahui tujuan yang ingin dicapai pada penelitian ini adalah strategi pemasaran, yaitu analisis SWOT (Strengths, Weaknesses, Opportunities, Threats). Analisis SWOT digunakan untuk membuat suatu strategi dalam pengembangan usaha. Analisis SWOT ini akan mengidentifikasikan faktor internal dan eksternal CV. Maulana, pada sisi internal akan dilihat kekuatan dan kelemahan CV. Maulana, sedangkan dari sisi eksternal akan dilihat peluang dan ancaman dari luar Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan pada CV. Maulana Kabupaten Donggala, maka dapat ditarik kesimpulan yaitu kondisi CV. Maulana Kabupaten Donggala berada pada kuadran pertama atau strategi yang diterapkan ialah strategi SO yang meningkatkan kekuatan dengan memanfaatkan peluang yang ada, Berikut alternatif strategi SO yang dapat dijadikan sebagai program dalam pemasaran usaha CV. Maulana. |