JudulAnalisis Pemasaran Kelapa Dalam Di Desa Dampal Kecamatan Sirenja Kabupaten Donggala |
Nama: FEIL ANSYAH |
Tahun: 2024 |
Abstrak Pemasaran merupakan faktor yang sangat penting dalam dunia usahatani yang berfungsi mendistribusikan hasil produksi hingga sampain ke konsumen, setiap pedagang berusaha mendapatkan keuntungan dalam kegiatan usahanya sehingga melakukan penekanan harga terhadap petani kelapa. tujuan penelitian ini untuk mengetahui bentuk saluran pemasaran, margin pemasaran, farmer’s share dan pemasaran kelapa dalam di Desa Dampal. Metode penentuan responden yaitu metode acak sederhana dengan jumlah sampel sebanyak 35 petani dari total populasi sebanyak 125 orang. Hasil penelitian menunjukan terdapat 2 saluran pemasaran kelapa dalam di Desa Dampal yaitu, saluran 1: petani – pedagang pengumpul – pedagang besar – konsumen, dan saluran II: petani – pedagang besar – konsumen. Margin pemasaran I yaitu Rp1.300, biaya pemasaran Rp1.110/kg, keutungan Rp1.130/kg, farmer,s share 60,6?isiensi 30%. Margin saluran II yaitu Rp700, biaya pemasaran Rp1.196/kg, keutungan Rp2.104/kg farmer’s share 78,8?isiensi 36,24%. |