Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulAnalisis Pemasaran Cabe Rawit Di Desa Tandaigi Kecamatan Siniu Kabupaten Parigi Moutong
Nama: IRMAYANTI
Tahun: 2025
Abstrak
RINGKASAN Irmayanti (E321 19 134), Analisis Pemasaran Cabai Rawit Di Desa Tandaigi Kecamatan Siniu Kabupaten Parigi Moutong. Dibimbing Oleh Hadayani dan Made Krisna Laksmayani, 2024. Cabai rawit (Capsicum annuum), komoditas hortikultura yang dibudidayakan secara luas, digunakan secara ekstensif sebagai bumbu dapur oleh sebagian besar masyarakat. Mengingat permintaan yang tinggi untuk tanaman ini. sangat penting bagi petani untuk meningkatkan tingkat produksi mereka untuk memenuhi kebutuhan pasar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui saluran pemasaran, margin, harga yang diterima petani, dan efisiensi pemasaran cabai rawit di Desa Tandaigi, Kecamatan Siniu, Kabupaten Parigi Moutong. Dengan menggunakan pendekatan sensus, penelitian ini mensurvei 25 petani cabai rawit, 3 pedagang, dan 5 konsumen dengan menggunakan teknik pengambilan sampel penelusuran. Penelitian ini menemukan dua saluran pemasaran yang berbeda untuk cabai rawit di Desa Tandaigi: 1) susunan sekuensial yang terdiri dari petani, pedagang pengumpul, pengecer, dan konsumen, dan 2) konfigurasi triadik yang melibatkan petani, pengecer, dan konsumen. Margin pemasaran agregat untuk kedua saluran ini masing-masing sebesar Rp20.000 dan Rp15.000. Petani mendapatkan 60?n 66?ri harga jual akhir di saluran pertama dan ke Nilai efisiensi ditentukan sebesar 0,87?n 0,74%, dengan saluran menunjukkan efisiensi yang lebih tinggi.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up