JudulAnalisis Kepuasan Konsumen Terhadap Cokelat Pada Rumah Cokelat Sulteng |
Nama: SHINTA NIRWANA |
Tahun: 2023 |
Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pelayanan, kualitas produk dan harga produk mempengaruhi kepuasan konsumen pada Rumah Cokelat Sulteng. untuk menentukan jumlah sampel bila dalam penelitian akan melakukan analisis dengan multivariate (korelasi atau regresi berganda) maka jumlah anggota sampel minimal 10 kali dari jumlah variabel yang diteliti.variabel penelitian berjumlah 4( 3 variabel independen + 1 variabel dependen), maka jumlah anggota sampel =10 x4 = 40.sehingga jumlah sampel dalam penelitian adalah 40 responden. Analisis yang digunakan adalah regresi linear berganda Hasil analisis data menunjukan bahwa variabel kualitas produk (X1),harga (X2) dan kualitas pelayanan (X3) mempengaruhi kepuasan konsumen( Y)dan menghasilkan persamaan Y = 12,347+672X1+678X2 + 453X3 yang menunjukan bahwa konstanta sebesar 12,347,artinya jika kualitas produk,harga dan kualitas pelayanan nilainya 0 maka pendapatan nilainya 12,347, Koefisien regresi linear berganda variabel kualitas produk (X?) bernilai positif sebesar 672 yang menunjukan bahwa kualitas produk dapat mempengaruhi kepuasan konsumen, Koefisien regresi linear berganda variabel harga (X?) bernilai positif sebesar 678 yang menunjukan bahwa harga dapat mempengaruhi kepuasan konsumen dan Koefisien regresi linear berganda variabel kualitas pelayanan (X?) bernilai positif sebesar 453 yang menunjukan bahwa kualitas pelayanan mempengaruhi kepuasan konsumen. Kata Kunci : Kualitas Produk,Harga,Kualitas Pelayanan |