Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulSTRATEGI PEMASARAN KERIPIK MELINJO PADA INDUSTRI CITRA LESTARI PRODUCTION DI KOTA PALU
Nama: RIRIN ANGGRAENI
Tahun: 2024
Abstrak
ABSTRACT Melinjo chips have good market prospects and opportunities, apart from that, melinjo chips can be used as a typical souvenir of Palu City and have great added value in increasing the income of the industry that manages melinjo chips. This research aims to determine alternative marketing strategies that are appropriate to be implemented to support the marketing of melinjo chips in the Citra Lestari Production Industry in Palu City. This research was carried out at the Citra Lestari Production Industry on Jl. Kimaja No. 9 Besusu Village, East Palu District in Palu City. This research was conducted from May to July 2023 at Citra Lestari Production Industry on Jl. Kimaja No. 9 Besusu Village, East Palu District in Palu City. The number of samples used was 6 respondents. The analysis used is SWOT Analysis. The research results show that the identified marketing strategy for melinjo chips in the image sustainable production industry is that internal factors have a total value of 1.24 and external factors have a total value of 0.98. The appropriate strategy to use in order to increase the marketing of melinjo chips in the Citra Lestari Production Industry is located in quadrant I, so that it uses the S-O (Strengths-Opportunities) strategy, namely a strategy of using strengths to seize existing opportunities, where the S-O alternative used is: Maintaining the product without preservatives and taking advantage of growing promotions so that people are more familiar with melinjo chips produced in the Citra Lestari Production industry (S1, O2, O3). Maximizing products that have MUI Halal certificates and P-IRT permits in seizing available market opportunities (S2, O3). Maintaining affordable product prices to maintain good relations with consumers (S3, O4). Utilizing strategic locations to achieve high consumer demand (S4, O1). ABSTRAK Keripik melinjo memiliki prospek serta peluang pasar yang baik, selain itu keripik melinjo bisa dijadikan oleh-oleh khas Kota Palu dan memiliki nilai tambah yang besar dalam meningkatkan pendapatan industri yang mengelola keripik melinjo tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui alternatif strategi pemasaran yang tepat untuk diterapkan dalam mendukung pemasaran keripik melinjo pada Industri Citra Lestari Production di Kota Palu. Penelitian ini dilaksanakan di Industri Citra Lestari Production di jl. Kimaja No. 9 Kelurahan Besusu Kecamatan Palu Timur di Kota Palu. Penelitian ini dilakukan pada bulan Mei sampai Juli 2023 di Industri Citra Lestari Production di Jl. Kimaja No. 9 Kelurahan Besusu Kecamatan Palu Timur di Kota Palu. Jumlah sampel yang digunakan yaitu 6 responden. Analisis yang di gunakan adalah Analisis SWOT. Hasil penelitian menunjukan strategi pemasaran keripik melinjo pada industri citra lestari production yang teridentifikasi yaitu faktor internal memiliki total nilai sebesar 1,24 dan faktor eksternal memiliki total nilai sebesar 0,98. Strategi yang tepat untuk digunakan dalam rangka peningkatan pemasaran keripik melinjo pada Industri Citra Lestari Production terletak pada kuadran I, sehingga menggunakan strategi S-O (Strengths-Opportunities) yakni strategi dengan  menggunakan kekuatan untuk meraih peluang yang ada, dimana alternatif S-O yang digunakan yaitu : Mempertahankan produk tanpa pengawet dan memanfaatkan promosi yang berkembang agar masyarakat lebih mengenal keripik melinjo yang diproduksi di industri Citra Lestari Production (S1, O2, O3). Memaksimalkan Produk yang telah memiliki sertifikat Halal MUI dan Izin P-IRT dalam meraih peluang pasar yang tersedia (S2, O3). Mempertahankan harga produk yang terjangkau guna menjaga hubungan baik dengan konsumen (S3, O4). Memanfaatkan lokasi yang strategis guna meraih permintaan konsumen yang tinggi (S4, O1).

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up