JudulAnalisis Strategi Pemasaran Produk Olahan Jahe Merah Menjadi Jahe Merah Bubuk Sebagai Minuman Instan Pada Industri Kecil Menengah Raja Bawang Di Kota Palu |
Nama: ROSIANA SIDDIK |
Tahun: 2023 |
Abstrak Industri Kecil Menengah Raja Bawang merupakan salah satu memiliki industri yang mengolah produk olahan Jahe Merah namun permasalahan yang dihadapi adalah belum baiknya strategi pemasaran yang dilakukan dalam pemasaran produk olahan jahe merah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pemasaran yang dilakukan oleh IKM Raja Bawang. Analisis data yang digunakan adalah analisis SWOT yang terdiri dari tahap pengumpulan data, tahap analisis dan tahap mengambil keputusan. Dalam penelitian ini, untuk tahap pengumpulan data akan digunakan matriks faktor strategi eksternal dan matriks strategi internal. Hasil penelitian menunjukan bahwa berdasarkan hasil analisis diagram SWOT menunjukkan, kondisi yang tepat untuk digunakan dalam rangka peningkatan pemasaran produk olahan jahe merah di IKM “Raja Bawang” terletak pada strategi S-O. Alternatif strategi S-O yaitu (a) Menciptakan kemasan yang menarik dan melakukan promosi pada media internet seperti blog,fb,Instagram,shoope dan juga memanfaatkan kerja sama dengan pemerintah seperti melakukan bazar/pameran produk. (b) letaknya outlet ditempat strategi kemudian melakukan penjualan dengan strategi bundling dan memberikan harga terjangkau dapat menarik minat konsumen dan dapat meningkatkan penjualan. (c) Mempertahankan cita rasa yang khas dengan produk yang berkualitas. |