JudulSTRATEGI PEMASARAN MELALUI MEDIA SOSIAL DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN KERAJINAN ROTAN PADA INDUSTRI SUMBER ROTAN TOHITI KOTA PALU |
Nama: I NYOMAN ALDI HERWANTO |
Tahun: 2023 |
Abstrak Industri Sumber Rotan Tohiti merupakan salah satu Industri di Kota Palu yang mengolah rotan menjadi kerajinan rotan. Tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui strategi pemasaran dalam peningkatan penjualan kerajinan rotan pada Industri Sumber Rotan Tohiti Kota Palu. Penentuan responden dalam penelitian ini 4 (empat) orang yakni responden yang mewakili internal industri dan eksternal industri. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan data primer dan data sekunder. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah matriks SWOT. Hasil penelitian bahwa analisis diagram SWOT menunjukan kondisi yang tepat untuk diguakan dalam rangka untuk peningkatan pemasaran kerajinan rotan Di Industri Sumber Rotan Tohiti terletak pada kuadran III strategi W-O. Pada strategi W-O Industri memiliki peluang yang sangat besar tetapi mempunyai kelemahan dari internal industri. Berdasarkan hasil perhitungan SWOT didapatkan alternatif strategi pemasaran kerajinan Rotan Industri Sumber Rotan Tohiti Kota Palu adalah strategi W-O, pada strategi W-O, dimana nilai dari kelemahan (Weakness) dan peluang (Opportunities) lebih besar dibandingkan nilai kekuatan (Strength) dan nilai ancaman (Threats). Industri Sumber Rotan Tohiti dapat meningkatkan kualitas SDM dan penggunaan media sosial dalam media pemasaran untuk meningkatkan penjualan kerajinan rotan |