JudulStrategi Pemasaran Usaha Kedai Kopi Di Pal (Studi Kasus Pada Kedai Kopi Gahwa) |
Nama: PINGKAN WIDHIAZMARA |
Tahun: 2024 |
Abstrak Kopi sebagai bahan minuman sudah tidak asing dan banyak digemari oleh berbagai kalangan masyarakat. Penggemarnya bukan saja bangsa Indonesia, tetapi juga berbagai bangsa di seluruh dunia. Kandungan kafein yang punya daya rangsang terhadap peningkatan kinerja beberapa bagian susunan saraf pusat, minuman kopi pun menjadi jenis minuman yang sangat digemari oleh manusia di berbagai penjuru dunia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pemasaran yang dilakukan dan memberikan alternatif strategi pemasaran yang dapat diterapkan oleh kedai kopi Gahwa. Waktu penelitian ini dilaksanakan pada bulan Maret sampai April 2023. Metode analisis yang digunakan adalah analisis Strengths – Weaknesses – Opportunities – Threats (SWOT), yang terdiri atas dua tahap analisis dengan menggunakan matriks-matriks tertentu. Pada tahap 1, matriks-matriks yang digunakan adalah Matriks Internal Factor Analysis Summary (IFAS) dan Matriks Eksternal Factor Analysis Summary (EFAS); pada Tahap 2, digunakan Matriks SWOT. Hasil analisis menunjukkan bahwa. Usaha Kedai Kopi di Gahwa berada pada kuadran I yaitu pa-da posisi kekuatan-peluang (SO), Posisi ini merupakan situasi yang sangat menguntungkan yang mana memiliki kekuatan dan memanfaatkan peluang yang ada. Strategi yang dihasilkan yaitu, (1). Mempertahankan harga,kualitas produk dan kualitas pelayanan (2) Melakukan berbagai penawaran yang menarik konsumen seperti menyediakan meeting room dan birthday party (3) Memanfaatkan penjualan online secara delivery kepada pelanggan (4) Transaksi nontunai dapat mempermudah konsumen yang memilih delivery order. |