JudulSTRATEGI PEMASARAN SAYURAN PADA USAHA HIDROPONIK SIGI DI DESA LOLU KECAMATAN SIGI BIROMARU KABUPATEN SIGI |
Nama: SAFITRA |
Tahun: 2023 |
Abstrak Usaha “Hidroponik Sigi” merupakan salah satu usaha sayuran yang berada di Kabupaten Sigi. Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui strategi pemasaran sayuran yang tepat untuk diterapkan pada usaha Hidroponik Sigi di Desa Lolu Kecamatan Sigi Biromaru Kabupaten Sigi. Waktu penelitian ini dilaksanakan pada bulan Februari sampai dengan April Tahun 2023. Metode analisis yang digunakan adalah analisis Strengths-Weaknesses-Opportunities-Threats (SWOT), yang terdiri atas dua tahap analisis dengan menggunakan matriks-matriks tertentu. Pada tahap 1, matriks-matriks yang digunakan adalah Matriks Internal Factor Analysis Summary (IFAS) dan Matriks Eksternal Factor Analysis Summary (EFAS); pada Tahap 2, digunakan Matriks SWOT. Hasil analisis menunjukkan bahwa strategi yang sesuai dengan faktor lingkungan internal dan eksternal usaha “Hidroponik Sigi” di Desa Lolu Kecamatan Sigi Biromaru Kabupaten Sigi terletak pada kuadran II (S-T) yaitu pada posisi kekuatan-ancaman. Strategi yang dihasilkan yaitu, (1) Memanfaatkan pasar yang tersedia dan letak usaha yang strategis untuk meminimalkan masalah persaingan dengan usaha sejenis (2) Meningkatkan kualitas produk untuk meminimalisir persaingan dengan produk sayuran konvensional serta menekan kurugian kerusakan sayuran akibat jasa pengirim (3) Mengoptimalkan pemberian potongan harga agar dapat menarik minat konsumen atau pelanggan yang peka terhadap harga. Kata Kunci : Hidroponik, Strategi Pemasaran, Analisis SWOT. |