JudulStrategi Pemasaran Buah Pada Usaha Lumbung Buah Segar Di Kota Palu |
Nama: MUHAMMAD RIZKI |
Tahun: 2025 |
Abstrak Strategi pemasaran dapat diartikan sebagai rangkaian upaya yang dilakukan oleh perusahaan dalam rangka mencapai tujuan tertentu, karena potensi untuk menjual proposisi terbatas pada jumlah orang yang mengetahui hal tersebut.penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menidentifikasi fator internal dan eksternal apa saja yang mempengaruhi strategi pemasaran buah pada usaha Lumbung Buah Segar di Kota Palu Peneltian ini dilakukan di Toko buah Lumbung Buah Segar dari bulan oktober sampai dengan Desember 2023. Penetuan responden dalam penelitian ini dilakukan dengan cara sengaja (purposive sampling) yang dimana berjumlah 15 orang. Jenis dan metode pengumpulan data yang digunakan pada peneilitian ini ada dua yaitu data primer dan data sekunder, yang dimana data primer di peroleh dari obervasi dan wawancara sedangkan data sekunder di peroleh dari instansi dan literatur penelitian yang dapat menunjang penelitian ini. Alat analisis yang digunakan adalah Metode Analisis SWOT. Berdasarkan hasil analisis yang di lakukan menggunakan analisis SWOT maka di peroleh hasil yaitu untuk sumbu X di dapat adalah 1,54 dan untuk sumbu Y yang di dapat adalah 1.00 yang dimana hasil tersebut berada pada kuadran satu pada analisis SWOT yaitu S-O, yang dimana strategi S-o merupakan strategi yang dapat di gunakan oleh Lumbung Buah Segar untuk memanfaatkan peluang yang ada dengan cara menggunakan kekuatan yang di miliki. Alternatif strategi S-O yang di hasilkan antara lain Memanfaatkan perkembangan teknologi pemasaran seperti sosial media dan media cetak dalam rangka meningkatkan promosi penjualan di Lumbung Buah Segar, Mengikuti event-event UMKM seperti Pasar Tani dan Pelatihan Keterampilan seperti seminar dan kegiatan lainnya yang di laksanakan oleh dinas terkait dalam rangka peningkatan promosi usaha serta keterampilan kerja karyawan Lumbung Buah Segar, dan Membangun Pola kemitraan degan toko-toko, platform penjualan dan lain sebagainya dengan mewarkan harga yang terjangkau di bandingkan usaha sejenis lainnya. . |