Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulStrategi Pemasaran Produk Bawang Goreng Pada Usaha Industri Cendana Food Di Kota Palu
Nama: IRMAWATI
Tahun: 2023
Abstrak
Industri Cendana Food merupakan usaha yang berada di jln Bantilan, Kelurahan Lere, Kecamatan Palu Barat. Industri Cendana Food memiliki prospek serta peluang pasar yang baik. Selain itu bawang goreng bisa dijadikan oleh-oleh khas Kota Palu dan memiliki nilai tambah yang besar dalam meningkatkan pendapatan industri yang mengelola bawang goreng tersebut. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui strategi pemasaran yang sesuai dengan kondisi lingkungan internal dan eksternal usaha bawang goreng di Kelurahan Lere, Kecamatan Palu Barat. Penelitian ini dilaksanakan di industri Cendana Food di jalan Bantilan Kelurahan Lere, Kecamatan Palu Barat. Penelitian ini dilakukan secara sengaja (purposive) dengan pertimbangan bahwa industri Cendana Food merupakan salah satu usaha bawang goreng yang ada di Kelurahan Lere. Waktu penelitian ini dilaksanakan pada bulan Februari sampai dengan Mei 2023. Metode analisis yang digunakan adalah analisis Strengths-weaknesses-opportunities-threats (SWOT). Terdiri dari dua tahap analisis yaitu tahap input yang menggunakan Matriks Internal Factor Analysis Summary (IFAS) dan Matriks Exsternal Factor Analysis Summary (EFAS) dan tahap pencocokan menggunakan Matriks SWOT. Hasil penelitian menunjukkan kondisi yang tepat untuk digunakan dalam rangka peningkatan pemasaran bawang goreng pada industri Cendana Food terletak pada strategi S-T. Strategi S-T ( Strengths-Therats) atau strategi Kekuatan-Ancaman. Alternatif strategi S-T yaitu a) melakukan inovasi terhadap kemasan yang menarik sehingga memperkecil persaingan industri yang sejenis.b) memanfaatkan produk yang berkualitas untuk meningkatkan daya beli konsumen. Kata kunci: Bawang Goreng, Strategi Pemasaran, Analisis SWOT

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up