JudulSTRATEGI PENGEMBANGAN USAHA PADA UKM MUTIARA MANDAR DI KOTA PALU |
Nama: HARNIATI |
Tahun: 2023 |
Abstrak Industri Mutiara Mandar merupakan usaha yang terletak di Jl. Labu, Kecamatan Palu Barat, Kota Palu. Beberapa produk yang telah dihasilkan antara lain abon sapi, abon ikan tuna, bawang goreng. Industri Mutiara Mandar memiliki prospek serta peluang pasar yang baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi alternatif yang tepat untuk diterapkan dalam pengembangan usaha pada UKM Mutiara Mandar di Kota Palu. Penelitian ini dilaksanakan di Industri Mutiara Mandar di Jalan Labu, Kecamatan Palu Barat. Penentuan lokasi penelitian ini dilakukan secara segaja (purposive), dengan pertimbangan bahwa industri Mutiara Mandar merupakan salah satu usaha yang ada di Jalan Labu dengan jumlah responden sebanyak 6 orang, yakni 1 orang pimpinan perusahaan, 2 karyawan, 1 konsumen, 1 dinas perdagangan dan perindustrian kota palu dan 1 pesaing. Metode analisis yang digunakan adalah analisis Strenght-Weaknesses-Opportunitie-Threats (SWOT). Terdiri dari dua tahap analisis yaitu menggunakan matriks Internal Factor Analysis Summary (IFAS) dan matriks External Factor Analysis Summary (EFAS) dan tahap pencocokan menggunakan Matriks SWOT. Pengembangan usaha pada UKM Mutiara Mandar terletak pada strategi W-O, strategi W-O(Weaknesses-Opportunities) atau strategi Kelemahan-Peluang. Alternatif strategi W-O yaitu a) memanfaatkan bantuan dari pemerintah seperti pameran-pameran untuk menjelaskan kepada konsumen sehingga konsumen dapat mengetahui letak dari usaha. b) memanfaatkan perkembangan teknologi dengan memaksimalkan masalah promosi untuk meningkatkan volumen penjualan produk usaha pada UKM Mutiara mandar. c) memperluas jangkauan perolehan bahan baku untuk memenuhi permintaan pasar. dimana posisi ini merupakan strategi yang bertujuan untuk memperkecil kelemahan internal perusahaan dengan memanfaatkan peluang eksternal. |