JudulSTRATEGI PEMASARAN USAHA ANEKA SAMBAL PADA UKM SAL-HAN DI KOTA PALU |
Nama: ELMANIA BOKA' TANDIPAU' |
Tahun: 2023 |
Abstrak Penelitian ini telah dilaksanakan pada UKM Sal-Han yang terletak di Jalan Sis Al-Jufri Kota Palu. Penentuan lokasi penelitian dilakukan secara sengaja (purposive), dengan pertimbangan bahwa UKM tersebut merupakan salah satu usaha yang memproduksi aneka sambal di Kota Palu. Penelitian ini dilaksanakan pada Bulan November 2022 sampai dengan Februari 2023. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan mengenai strategi pemasaran aneka sambal pada UKM Sal-Han dapat disimpulkan bahwa, hasil analisis diagram SWOT menunjukan kondisi yang tepat digunakan untuk peningkatan pemasaran aneka sambal guna memperluas jangkauan pemasaran pada UKM Sal-Han berada pada Kuandran IV, sehingga strategi yang dapat diterapkan untuk memperluas jangkauan pemasaran aneka sambal pada UKM Sal-Han yaitu dengan menggunakan strategi W-O. Alternatif strategi WO yaitu (a) Mencengah promosi yang belum efektif dengan memanfaatkan presepsi konsumen yang cukup baik (b) Memaksimalkan kinerja tenaga kerja dengan memanfaatkan adanya dukungan dari pemerintah (c) Mencengah produksi terbatas dengan meningkatkan peluang pasar. Kata kunci : pemasaran, strategi, aneka, sambal, UKM |