JudulAnalisis Preferensi Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Produk Minuman Kopi Di Koppi Asia Kota Palu |
Nama: NURUL AINUN |
Tahun: 2023 |
Abstrak Kopi susu menjadi salah satu minuman yang paling laris diantara menu variatif lainnya yang ada di Koppi Asia, hal ini dikaitkan dengan preferensi konsumen pada pengambilan keputusan pembelian. Preferensi Konsumen berkaitan erat dengan atribut suatu produk, dalam penelitian ini atribut adalah atribut kemasan, harga, dan rasa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui preferensi konsumen yang terbentuk dari keputusan pembelian konsumen Koppi Asia serta untuk mengetahui hubungan atribut produk terhadap keputusan pembelian. Metode analisis yang digunakan adalah Analisis Deskriptif dan Analisis Korelasi Rank Spearman. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa atribut produk yang paling dipertimbangkan oleh konsumen adalah atribut rasa dengan sebesar 80% responden yang memilih. Preferensi yang terbentuk dari kombinasi ketiga atribut berdasarkan yang paling banyak dipilih oleh konsumen yaitu dari atribut kemasan (sebanyak 16 responden yang memilih) dinilai karena kemasan kopi susu memberikan rasa aman untuk dibawa kemana saja, dari atribut harga (sebanyak 19 responden) konsumen lebih memilih melihat harga produk kopi susu dari sisi kualitasnya, kemudian dari atribut rasa (sebanyak 22 responden) konsumen menyukai rasa kopi susu dengan racikan asli dari Koppi Asia. Hasil analisis Korelasi Rank Spearman menunjukkan bahwa hubungan yang terbentuk oleh atribut produk terhadap keputusan pembelian adalah korelasi yang cukup kuat dengan tipe hubungan yang searah. Atribut kemasan memproleh nilai asymp-sig sebesar 0,011, atribut harga sebesar 0,003, dan atribut rasa dengan nilai sebesar 0,002 yang dimana ketiga atribut memperoleh nilai <0,05 yang menunjukkan bahwa terdapat hubungan dari ketiga atibut tersebut terhadap keputusan pembelian konsumen. |