JudulSTRATEGI PEMASARAN PRODUK KOPI MURNI PADA USAHA KECIL MENENGAH (UKM) SAL-HAN DI KOTA PALU |
Nama: NUR RAHMAWATI |
Tahun: 2023 |
Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor internal dan eksternal di UKM Sal-Han dan untuk mengetahui faktor internal dan eskternal dalam strategi pemasaran kopi murni. Seperti data yag di peroleh UKM Sal-Han memiliki produksi yang paling rendah dari UKM lainnya.Metode yang digunakan dalam penelitian inni menggunakan analisis SWOT. Total nilai yang diperoleh tabel IFAS yaitu sebesar 2,63 dengan skor kekuatan 1,89 dan skor kelemahan sebesar 0,74, sedangkan total nilai yang diperoleh EFAS, yaitu sebesar 3,06 dengan skor peluang 2,32 dan skor ancaman sebesar 0,74. Berdasarkan hasil perhitungan dari nilai rating dan bobot faktor internal UKM Sal-Han sebagai sumbu X yaitu 1,15 sedangkan faktor eksternal UKM Sal-Han sebagai sumbu Y yaitu 1,58. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kondisi UKM Sal-Han saat ini pada kuadran I, sehingga strategi yang dapat diterapkan yaitu Strategi S-O. Alternatif strategi SO yaitu (a) Memanfaatkan merek dengan adanya media promosi, (b) Memanfaatkan kenyamanan dan kebersihan outlet agar wisatawan yang datang merasa nyaman, (c) Memanfaatkan produk yang lebih murah agar tersedianya pasar yang luas |