JudulStrategi Pengembangan Sambal Ikan Duo Pada UD Hj. Mbok Sri Di Kota Palu |
Nama: RAHMAT RAMADHAN |
Tahun: 2023 |
Abstrak Usaha sambal yang terbuat dari ikan duo (teri halus) dapat juga dikonsumsi sebagai pelengkap makanan ataupun sebagai lauk pauk, hal ini menjadi salah satu peluang usaha bagi masyarakat dalam sektor industri. Perkembangan usaha sambal ikan duo saat ini masih memiliki kendala yaitu terjadinya penurunan produksi dikarenakan bahan baku utama sulit di dapatkan, serta harga bahan baku yang tidak stabil. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor internal dan eksternal serta menganalisis strategi pengembangan usaha sambal ikan duo pada UD. Hj. Mbok Sri di Kota Palu. Penentuan responden ditentukan secara sengaja (Purposive). Jumlah responden 6 yang terdiri dari 1 orang pemimpin, 1 orang karyawan, 2 orang konsumen 1 orang Dinas Perindustrian Perdagangan Kota Palu dan 1 orang pesain. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis SWOT. Hasil analisis SWOT menunjukkan bahwa pengembangan usaha sambal ikan duo pada UD. Hj Mbok Sri berada pada strategi SO yaitu kuadran I, dimana pada posisi ini menciptakan strategi yang menggunakan kekuatan untuk memanfaatkan peluang. Alternatif strategi yaitu (a) Memanfaatkan dukungan dan kerjasama dari pemerintah untuk memperluas pangsa pasar; (b) Memanfaatkan kemasan produk yang menarik serta cita rasa yang khas guna menangkap peluang melalui perkembangan media promosi; (d) Memanfaatkan harga produk yang terjangkau dan daya tahan produk yang lama. Kata Kunci : Sambal Ikan Duo, Strategi Pemasaran, SWOT. |