JudulANALISIS PEMASARAN JAGUNG HIBRIDA DI DESA LABUAN TOPOSO KECAMATAN LABUAN KABUPATEN DONGGALA |
Nama: ADI PUTRA |
Tahun: 2025 |
Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk: Mengetahui bagai mana bentuk saluran pemasaran jagung hibrida. Mengetahui berapa Bagian harga yang diterima petani, margin pemasaran, dan efisiensi pemasaran jagung hibrida di Desa Labuan Toposo Kecamatan Labuan Kabupaten Donggala. Penentuan sampel petani menggunakan metode simple random sampling atau metode sampel acak sederhana dimana anggota setiap populasi mendapatkan kesempatan yang sama untuk dipilih menjadi responden petani jagung, selanjutnya penentuan sampel pedagang yang ada di lokasi penelitian menggunakan metode penjajakan tracing sampling. Hasil penelitian menunjukkan terdapat dua saluran pemasaran, yaitu: pertama, Petani ke Pedagang Pengumpul ke Pedagang Pengecer dan Konsumen, dan kedua, Petani ke Pedagang Pengecer dan Konsumen. Margin pemasaran pada saluran pertama sebesar Rp2.000 dan pada saluran kedua sebesar Rp1.000. Bagian harga yang diterima petani sebesar 60% pada saluran pertama dan 77% pada saluran kedua. Tingkat efisiensi pemasaran menunjukkan bahwa saluran kedua lebih efisien (3,60%) dibandingkan saluran pertama (5,90%) karena rantai distribusinya lebih pendek dan memberikan proporsi harga yang lebih besar kepada petani. |