Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulStrategi Pemasaran Usaha Kacandipa Pada IKM Kacandipa Teratai
Nama: SITI SYAFIAH
Tahun: 2023
Abstrak
ABSTRACT This study aims to determine the condition of internal factors (Strengths-Weaknesses) and external factors (Opportunities-Threats) in supporting the development of the kacandipa business at IKM Kacandipa Teratai. Determination of respondents is determined intentionally (purposive). The number of respondents was 6 consisting of 1 leader, 2 employes, 1 consumers, 1 competitor and 1 person from the Sigi Regency Coopertatives and SMEs Office. The analysis used in this study is descriptive analysis and SWOT analysis. The results of the SWOT analysis show that the marketing of the Kacandipa business at IKM Kacandipa Teratai is in the ST strategy, namely quadrant II, where in this position it overcomes existing threats by using its strengths. The alternative strategies are (1) utilizing product quality and business experienc to anticipate changes in consumer tastes and threats of similiar product. (2) Maximizing the use of capital in purchasing raw materials to anticipate the threat of rising raw material prices (3) utilizing experienced workforce to obtain quality products to anticipate threats from similiar competing products and changing consumer tastes. Key Words : SWOT, Marketing Strategy, Kacandipa Business. ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kondisi faktor internal (Kekuatan-Kelemahan) dan faktor eksternal (Peluang-Ancaman) dalam mendukung pengembangan usaha kacandipa pada IKM Kacandipa Teratai. Penentuan responden ditentukan secara sengaja (Purposive). Jumlah responden 6 yang terdiri dari 1 orang pimpinan, 2 orang karyawan, 1 orang konsumen, 1 orang pesaing dan 1 orang dinas koperasi dan umkm Kabupaten Sigi. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis deskripsi dan analisis SWOT. Hasil analisis SWOT menunjukkan bahwa pemasaran usaha kacandipa pada IKM Kacandipa Teratai berada pada strategi ST yaitu kuadran II, dimana pada posisi ini mengatasi ancaman yang ada dengan cara menggunakan kekuatan yang dimiliki. Alternatif strategi yaitu (1) Memanfaatkan kualitas produk serta pengalaman usaha guna mengantisipasi perubahan selera konsumen dan ancaman produk sejenis. (2) Memaksimalkan penggunaan modal dalam pembelian bahan baku guna mengantisipasi ancaman kenaikan harga bahan baku. (3) Memanfaatkn tanaga kerja yang berpengalaman guna mendapatkan produk yang berkualitas, untuk mengantisipasi adanya ancaman dari produk pesaing sejenisnya dan selera konsumen yang berubah. Kata Kunci : SWOT, Strategi Pemasaran, Usaha Kacandipa.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up