JudulStrategi Pengembangan Usaha Kacang Goyang Pada IKM “SAL-HAN” Di Kota Palu |
Nama: SUANDI |
Tahun: 2023 |
Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kondisi faktor internal (Kekuatan-Kelemahan) dan faktor eksternal (Peluang-Ancaman) dalam mendukung perkembangan usaha Kacang Goyang pada IKM “Sal-Han”. Penentuan responden di tentukan secara sengaja (Purposive). Jumlah responden 7 yang terdiri dari 1 orang pimpinan, 2 orang karyawan, 2 orang konsumen, 1 orang dinas perdagangan dan perindustrian dan 1 orang pesain IKM sejenis di Kota Palu. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis deskripsi dan analisis SWOT maka dapat disimpulkan bahwa strategi pengembangan usaha yang di terapkan oleh IKM “Sal-Han” yaitu strategi S-T (menggunakan kekuatan untuk mengurangi dampak ancaman) dimana faktor Kekuatan = 2,27 dan Ancaman = 1,45 lebih besar dibandingkan faktor Kelemahan = 0,95 dan Peluang = 1,35 dengan perbandingan faktor internal = 1,32 (sumbu X) dan faktor eksternal = -0,1 (sumbu Y). Untuk menerapkan pengembangan usaha Kacang Goyang pada IKM “Sal-Han”berada pada strategi S-T yaitu kuadran II, dimana pada posisi ini mengatasi ancaman yang ada dengan cara menggunakan kekuatan yang dimiliki. Alternatif strategi yaitu (1) Memanfaatkan pelatihan wirausahawan agar produk kacang goyang lebih bisa dikenali masyarakat sehingga mampu besaing dengan IKM sejenis. (2) Mempertahankan tenaga kerja yang berpengalaman agar mampu menghadapi persaingan dengan IKM sejenis. (3) Memaksimalkan teknologi (mesin) yang digunakan agar mampu memproduksi kacang goyang yang berkualitas sehingga mampu menghadapi persaingan IKM-IKM yang ada di Kota Palu. |