| JudulAnalisis Pemasaran Kopra Di Desa Sipi Kecamatan Sirenja Kabupaten Donggala |
| Nama: MOH.FADEL |
| Tahun: 2025 |
| Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk saluran pemasaran kopra dan besarnya margin pemasaran dari setiap lembaga pemasaran pada masing-masing saluran pemasaran kopra, berapa bagian harga yang diterima petani pengolah kopra dan besarnya efisiensi pemasaran kopra pada setiap saluran. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Agustus sampai dengan Oktober 2023, penentuan responden dilakukan secara sengaja purposif, terdiri dari 32 responden petani pengolah kopra dan 3 responden pedagang dengan metode (penjajajkan). Hasil penelitian menunjukkan bahwa saluran pemasaran kopra di desa Sipi melalui dua saluran pemasaran yaitu : saluran pertama yaitu petani - pedagang pengumpul - pedagang besar - konsumen akhir dan saluran kedua yaitu petani - pedagang besar - konsumen akhir. Hasil analisis margin pemasaran kopra saluran pertama adalah M1=Rp.1.400/Kg, sedangkan pada saluran kedua yaitu M1=Rp.600/Kg. Bagian harga yang diterima petani kopra pada saluran pertama sebesar 82,5%, sedangkan pada saluran kedua sebesar 92,5%. Efisiensi pemasaran kopra, saluran pertama memperoleh hasil sebesar 14,56?n saluran kedua memperoleh hasil sebesar 15,62%, maka dari kedua saluran tersebut, saluran yang paling efisien adalah saluran kedua dengan nilai efisiensi sebesar 15,62%. |