JudulANALISIS PEMASARAN CABAI RAWIT DI DESA LABUAN TOPOSO KECAMATAN LABUAN KABUPATEN DONGGALA |
Nama: HILDARAHMANIA |
Tahun: 2023 |
Abstrak ABSTRAK Tujuan penelitian ini adalah untuk Mengatahui saluran pemasaran cabai di Desa Labuan Toposo Kabupaten Donggala, untuk mengetahui besarnya marjin pemasaran cabai rawit di Desa Labuan Toposo Kabupaten Donggala, untuk mengetahui Berapa besar bagian harga yang diterima oleh petani cabau rawit dari masing- masing saluran pemasaran di Desa Labuan Toposo Kecamatan Labuan Kabupaten Donggala, untuk mengetahui berapa besar nilai efisiensi pemasaran Cabai Rawit di Desa Labuan Toposo Kecamatan Labuan Kabupaten Donggala. Penelitian ini dilaksanakan di Desa Labuan Toposo Kecamatan Labuan Kabupaten Donggala pada bulan Februari 2022 sampai dengan April 2022. Penentuan responden petani pada penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode sampel acak sederhana (Simple Random Sampling). Penentuan sampel pedagang dilakukan dengan metode penjajakan (tracing sampling. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah Analisis deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa Ada tiga bentuk saluran pemasaran komoditi Cabai Rawit yang terdapat di Desa Labuan Toposo, Nilai efisiensi pemasaran saluran pertama sebesar 1,58%, saluran kedua sebesar 1,00%, dan saluran ketiga sebesar 0,75%. ABSTRACT The purpose of this study is to find out the chili marketing channels in Labuan Toposo Village, Donggala Regency, to find out the size of the cayenne pepper marketing margin in Labuan Toposo Village, Donggala Regency, to find out how much the price share received by cayenne pepper farmers from each marketing channel in Labuan Toposo Village, Labuan District, Donggala Regency, to find out how much the marketing efficiency value of Cayenne Pepper in Labuan Toposo Village Labuan Subdistrict, Donggala Regency. This research was conducted in Labuan Toposo Village, Labuan District, Donggala Regency from February 2022 to April 2022. The determination of farmer respondents in this study was carried out using a simple random sample method (Simple Random Sampling). The determination of the trader's sample is carried out by the tracing sampling method. The data collected in this study are primary data and secondary data. The analysis used in this study is descriptive analysis with a qualitative approach. The results showed that there are three forms of cayenne pepper commodity marketing channels found in Labuan Toposo Village, the marketing efficiency value of the first channel is 1.58%, the second channel is 1.00%, and the third channel is 0.75%. |