JudulSTRATEGI PEMASARAN USAHATANI JAGUNG DI DESA LABUAN LELEA KECAMATAN LABUAN KABUPATEN DONGGALA |
Nama: SYARIFAH NURFITRIANA |
Tahun: 2023 |
Abstrak ABSTRACT This study aims to determine how the marketing strategy of corn farming in Labuan Lelea Village. This research was conducted in November 2021 to January 2022 in Labuan Lelea Village. Determination of respondents using purposive sampling method, which selected 6 respondents with consideration that the respondents can provide information related to the study. Data collection used in this study consists of primary data and data secondary. The analytical tool used in this study is the SWOT analysis. The results of analysis using SWOT Matrix IFAS and EFAS known corn marketing is in a very favorable condition. The results of the SWOT Matrix get alternative marketing strategies, namely: (1). Utilizing technological means to maximize the amount of abundant products in order to meet the demand for corn as a superior commodity.(2). Maximize promotion and inadequate transportation to increase export opportunities for corn as a superior commodity.(3). Maintaining an abundant number of products by expanding market access and maintaining affordable product prices.(4). Expanding market access with abundant products and affordable prices. Keywords: Corn, Farming, Marketing Strategy, SWOT. ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi pemasaran usahatani jagung di Desa Labuan Lelea. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Novemver 2021 sampai bulan Januari 2022 di Desa Labuan Lelea. Penentuan reaponden menggunakan metode purposive sampling, dimana dipilih 6 orang responden dengan pertimbangan bahwa responden tersebut dapat memberikan informasi terkait penelitian. Pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari data primer dan data sekunder. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini ialah analisis SWOT. Hasil analisis menggunakan matriks SWOT IFAS dan EFAS diketahui pemasaran jagung berada dalam kondisi sangat menguntungkan. Hasil dari matriks SWOT mendapatkan alternatif strategi pemasaran yaitu : (1). Memanfaatkan sarana teknologi untuk memaksimalkan jumlah produk yang berlimpah agar dapat memenuhi permintaan jagung sebagai komoditas unggulan.(2). Memaksimalkan Promosi dan transportasi yang kurang memadai untuk meningkatkan peluang ekspor jagung sebagai komoditas unggulan.(3). Mempertahankan jumlah produk yang berlimpah dengan memperluas akses pasar serta mempertahankan harga produk yang masih terjangkau.(4). Memperluas akses pasar dengan adanya produk yang berlimpah dan harga yang terjangkau. Kata Kunci : Jagung, Usahatani, Strategi Pemasaran, SWOT. |