JudulSTRATEGI PEMASARAN PRODUK KOPI JAHE DIMASA PANDEMI COVID-19 PADA UD. BINTANG SURAYYAH DI KOTA PALU |
Nama: NASRAH |
Tahun: 2022 |
Abstrak Kopi Jahe yaitu kopi bubuk yang di campurkan dengan Jahe bubuk. Kopi memiliki flavor dan rasa yang disukai oleh konsumen karena memiliki cita rasa yang berbeda, Penambahan Jahe dapat dilakukan pada pengolahan Kopi sehingga dapat memberikan tambahan citarasa pada seduhan Kopi dan dapat meningkatkan manfaat kesehatan bagi yang mengkonsumsinya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi pemasaran produk Kopi Jahe dimasa pandemi COVID-19 sesuai kondisi lingkungan eksternal dan internal pada UD. Bintang Surayyah di Kota Palu. Penentuan responden ditentukan secara sengaja (Purposive). Jumlah responden 6 yakni 1 orang pimpinan, 1 orang Karyawan, 2 orang konsumen UD. Bintang Surayyah, 1 orang pegawai Dinas Perindustrian dan Perdagangan kota Palu sebagai responden dan 1 orang pesaing. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis SWOT. Hasil analisis SWOT menunjukkan bahwa strategi pemasaran produk Kopi Jahe dimasa pandemi COVID-19 pada UD. Bintang Surayyah di Kota Palu berada pada strategi ST yaitu kuadran II, karena industri tersebut meskipun menghadapi berbagai ancaman, perusahaan masih memiliki kekuatan dari segi internal. Alternatif S-T yaitu (a) Menerapkan protocol kesehatan dimasa pandemi (b) Mempertahankan kualitas produk unggul untuk mengatasi ancaman pesaing yang ada (c) Memanfaatkan tempat yang strategis untuk mengantisipasi adanya perusahaan pesaing (d) Memanfaatkan penjualan secara delivery order agar pelanggan lebih mudah untuk membeli produk secara online. |